ADVERTISEMENT

Bantu Tekan Angka Stunting, 2.155 Warga Dapat Telur Gratis

Selasa, 10 Oktober 2023 09:36 WIB

Share
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat menerima Manejemen Chareon Pokphand di Pendopo Bupati. (ist)
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat menerima Manejemen Chareon Pokphand di Pendopo Bupati. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

SERANG, POSKOTA.CO.ID –  Dalam upaya menurunkan angka stunting di Kabupaten Serang, PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (Phokphand) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang bersinergi membagikan puluhan ton telur kepada 2.155 masyarakat di 9 kecamatan. 

"Alhamdulillah kembali dari industri yang ada di Kabupaten Serang, yaitu Charoen Pokphand membantu program pemerintah pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota berkaitan dengan penurunan angka stunting," ujar Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dalam keterangannya usai menerima Manejemen Chareon Pokphand di Pendopo Bupati.

Bupati mengungkapkan, Charoen Pokphand akan memberikan bantuan telur secara gratis. Kemudian proses distribusi dilakukan oleh Dinas Keluarga Berencana Perberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A). 

"Target bantuan yakni anak-anak bergizi buruk, dan ibu hamil yang kekurangan gizi," ujar Bupati.

Pokphand akan memberikan bantuan selama 3 bulan. Dengan termin per dua pekan, diturunkan bantuan sekira 3,95 ton-4 ton telur gratis. "Bantuan ini diberikan kurang lebih untuk 2.155 orang di sembilan kecamatan sesuai target Pokphand," ujar Tatu.  

Berdasarkan data Studi Status Gizi Indonesia (SSGI), prevalensi stunting Kabupaten Serang tahun 2029 sebesar 39,4 persen. Kemudian turun pada 2021 menjadi 27,2 persen. Turun kembali pada 2022 menjadi 26,4 persen. 

"Target tahun depan, target nasional di 14 persen. Ini tentunya tugas yang cukup berat buat kita, dan dibutuhkan kerja sama berbagai pihak," ujar Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Banten ini.

Menurut Tatu, bantuan telur rutin diberikan kepada masyarakat dalam rangka menurunkan angka stunting. Termasuk kerja sama dengan Badan Ketahanan Pangan. 

"Kita fokuskan bantuan untuk anak gizi buruk dan ibu hamil kurang gizi. Bantuan ini bukan hanya berefek terhadap pemenuhan protein, tapi juga penurunan stunting. Dan kami sangat berterima kasih terhadap Pokphand, dan semoga menjadi contoh bagi perusahaan lain," tuturnya.

Koordinator CSR PT Charoen Pokphand, Bambang Setiawan mengatakan, penyaluran bantuan akan dilaksanakan pada Desember 2023 hingga Februari 2023. Sebab saat ini stoknya masih dalam proses starting atau produksi. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rahmat Haryono
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT