ADVERTISEMENT

Honda CRF1100L Africa Twin 2024 dan Africa Twin Adventure Sports Umumkan Pembaruan untuk Peluncuran Tahun Depan

Senin, 9 Oktober 2023 14:48 WIB

Share
Honda CRF1100L Africa Twin 2024 dan Africa Twin Adventure Sports dapat pembaruan (lst)
Honda CRF1100L Africa Twin 2024 dan Africa Twin Adventure Sports dapat pembaruan (lst)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sepeda motor yang dikabarkan akan mendapatkan pembaruan untuk musim berkendara mendatang adalah Honda CRF1100L Africa Twin dan Africa Twin Adventure Sports 2024. Perubahan utama kabarnya akan terjadi pada bodywork, mesin dan velg serta suspensi.

Meskipun masih menggunakan powertrain yang sama seperti sebelumnya, yang bermesin 1.084 cc parallel-twin, CRF1100L disebut-sebut akan menghasilkan tenaga lebih besar untuk tahun 2024. Torsi kini mencapai 112 Nm pada 5.500 rpm, meningkat 7%, sedangkan tenaga maksimalnya tetap tertinggi. Begitu pula 102 tenaga kuda pada 7.500 rpm.

Peningkatan torsi CRF1100L berasal dari rasio kompresi yang lebih tinggi, modifikasi sistem pembuangan dan penyetelan timing mesin, termasuk perubahan pada intake manifold dan pemetaan ECU mesin.

Tenaga disalurkan melalui girboks enam percepatan dan Africa Twin dan Adventure Sports hadir dengan transmisi DCT (Dual Clutch Transmision) enam percepatan Honda sebagai varian modelnya.

Dalam hal suspensi, Africa Twin Adventure Sports mendapat manfaat dari Showa Electronically Equipped Ride Adjustment (Showa EERA), yang juga tersedia pada Africa Twin standar sebagai opsi dengan biaya tambahan. Sistem suspensi Showa EERA hadir dengan 5 aksesoris, diantaranya Soft, Mid, Hard, Off-Road dan User.

Beralih ke ukuran roda, varian Afrika mempertahankan ukuran roda depan 21 inci dan belakang 18 inci yang sama seperti pada model off-road, tetapi Adventure Sports kini memiliki pelek depan 19 inci. Dengan radius roda depan yang lebih kecil, Adventure Sport diperkecil 20mm sehingga tinggi sadel bisa diatur dari 835mm menjadi 855mm. 

Travel suspensi pada varian Adventure Sports adalah 210mm di depan dan 200mm di belakang. Sementara itu, Africa Twin standar hadir dengan garpu terbalik berdiameter 45mm yang dapat disesuaikan secara manual dengan travel suspensi 230mm, sedangkan monoshock yang dapat disesuaikan di bagian belakang menawarkan travel 220mm, sedangkan tinggi jok kendaraan antara 850 mm dan 870 mm.

Dalam hal bodywork, kedua versi Africa Twin menerima fairing yang didesain ulang untuk aerodinamis yang lebih baik. Kaca depan dikontrol secara elektronik ke salah satu dari lima posisi, sedangkan Adventure Sports kini memiliki kursi yang lebih nyaman.

Bobotnya juga berkurang menjadi 231kg ​​​​dengan 18,8 liter bahan bakar di tangki untuk basis Africa Twin, sedangkan Adventure Sports berbobot 243kg dengan 24,8 liter bahan bakar di dalam tangki.

Perlengkapan standar pada Africa Twin meliputi layar TFT-LCD 5 inci dengan konektivitas smartphone, 5 mode berkendara, cruise control, lampu depan full LED, soket pengisi daya USB, saluran ABS ganda, wheelie control, kontrol traksi, dan lampu menikung.

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT