ADVERTISEMENT

Protes Podcast dr.Richard Lee Terkait Galon Guna Ulang Meluas

Minggu, 8 Oktober 2023 10:56 WIB

Share
Dokter Richard Lee. (Ist)
Dokter Richard Lee. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Protes terhadap kampanye dr.Richard Lee yang dinilai melakukan kampanye negatif galon guna ulang berbahaya yang mengkhawatirkan masyarakat meluas.

Sekelompok orang yang tergabung dalam  Aktivis Jakarta (Barak Nusantara) menggeruduk salah satu klini kecantikan milik selebritis tersebut di wilayah Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Mereka curiga konten podcast dr. Richard Lee yang telah tersebar di masyarakat itu dibayar oleh pihak-pihak tertentu.

“Seorang dokter kecantikan yang passionnya seharusnya  bicara soal kosmetik tidak punya kompetensi untuk berbicara mengenai makanan dan minuman. Tapi kali ini, dia telah menyalahgunakan tanggung jawabnya selaku seorang dokter kecantikan dengan menyebarkan isu galon guna ulang berbahaya tanpa memiliki bukti sama sekali,” ujar Ryansyah, Ketua Umum Barak Nusantara.

 

Dia juga menyuarakan kemungkinan adanya pihak-pihak tertentu yang mendanai konten podcast dr.Richard yang terkesan menakut-nakuti masyarakat dengan menyebarkan isu bahwa air minum dalam kemasan (AMDK) galon guna ulang berbahaya bagi kesehatan karena mengandung BPA. 

“Kami mencurigai adanya sponsor dari produk-produk pesaing yang ingin menjatuhkan produksi AMDK guna ulang,” tukasnya. 

Karenanya, dia mendesak agar KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha) segera memanggil dan memeriksa dr.Richard Lee atas kontennya terkait galon guna ulang berbahaya yang beredar di publik baru-baru ini. 

Menurutnya, perlu ada upaya-upaya tegas dari pemerintah dalam hal ini KPPU untuk menindak pihak-pihak maupun produsen yang melakukan kampanye-kampanye negatif termasuk melalui iklan-iklan yang jelas-jelas mendiskreditkan produk dari perusahaan lain pada industri yang sama. 
 
“Hal ini untuk memberikan efek jera terhadap mereka. Tanpa adanya ketegasan dari Pemerintah untuk menindak kasus ini, perilaku buruk ini akan terus dilakukan. Ini yang menyebabkan kasus-kasus persaingan usaha tidak sehat di industri AMDK ini terus terjadi,” tegasnya.
 
Dikatakan, propaganda-propaganda negatif  akan terus dihembuskan. Perlakukan itu terjadi karena kurangnya pengawasan serta sanksi tegas dari Pemerintah untuk mereka yang bermain secara tidak sehat.
 
“Maka hari ini kami menantang dokter Richard Lee. Kami hanya meminta satu bukti yang nyata jika apa yang disampaikannya melalui podcastnya itu benar. Tapi jika apa yang disampaikan adalah satu kesalahan maka tentunya kami meminta kepada KPPU untuk memanggil dokter Richard Lee atas apa yang sudah disampaikannya itu,” lanjut Ryan dalam orasinya selama hampir satu jam itu. 

Sekelompok masyarakat dari Barak Nusantara ini dalam orasi mereka berikutnya juga mempertanyakan riset apa yang dilakukan dr.Richard Lee terkait tuduhannya melalui podcastnya yang  disampaikan baru-baru ini.  
 
Menurutnya, Kementerian Kesehatan yang mempunyai hak prerogatiflah  yang seharusnya lebih berhak untuk mengangkat masalah ini. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT