ADVERTISEMENT

Menag Dorong Ekonomi Pesantren Melalui Pelatihan dan Pemasaran Produk

Minggu, 8 Oktober 2023 11:09 WIB

Share
Menag Yaqut Cholil Coumas saat menghadiri acara
Menag Yaqut Cholil Coumas saat menghadiri acara "Sarasehan Kyai Muda Pesantren". (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,POSKOTA.CO.ID - Menag Yaqut Cholil Coumas berharap, program Kemandirian Pesantren dapat dirasakan seluruh warga pesantren hingga masyarakat luas. 

"Saya ingin masyarakat merasakan manfaat yang lebih dari program pemerintah, terlebih Pondok Pesantren dan banyak pihak," kata Menag. 

Itu disampaikan Menag saat menghadiri acara "Sarasehan Kyai Muda Pesantren", di Pondok Pesantren Krapyak, Bantul. Yogyakarta, Sabtu malam  (7/10/2023).

Gus Men, begitu ia biasa disapa, menilai bahwa dengan ekonomi pesantren yang kuat maka dakwah akan lebih mudah tersampaikan di tengah masyarakat.

 

"Ekonomi pesantren harus dikembangkan mulai dari pelatihan hingga pemasaran hasil produk untuk memakmurkan lingkungan pesantren. Maka dari itu, harus ada kegiatan produktif di lingkungan pesantren," terang Gus Men.

Terkait hal ini, lanjut Gus Men, Kementerian Agama bisa memberikan stimulan/rangsangan untuk mengembangkan sekaligus mendorong ekonomi pesantren. Di sinilah titik penting program ekonomi pesantren.

Menag terus mendorong implementasi program Kemandirian Pesantren. Hal ini menurut Menag, sesuai dengan amanah Presiden Joko Widodo.

"Beberapa hari lalu saya bertemu Presiden Joko Widodo, mengamanahkan untuk lebih memperhatikan ekonomi pesantren," kata Menag Yaqut di hadapan para kiai muda pengasuh pondok pesantren se Yogyakarta dan Jawa Tengah.

ADVERTISEMENT

Reporter: Agus Johara
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT