JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Toyota telah meluncurkan Crown Sport Hybrid di Jepang dan akan mulai menerima pesanan hari ini, dengan pengiriman yang akan dimulai bulan depan. Versi hybrid plug-in dari Sport yang merupakan SUV Crown empat bodi baru akan bergabung dengan jajaran produk ini pada bulan Desember.
Ringkasnya, 4 model mobil yang diluncurkan pada Juli 2022 adalah Crossover (seperti sedan besar yang sudah diluncurkan), Sport (SUV), Sedan dan Estate. Yang terakhir ini bukanlah mobil beratap panjang dalam pengertian tradisional, melainkan mobil yang bernuansa lebih besar daripada Sport, yang digambarkan sebagai 'SUV fungsional dengan nuansa dewasa'.
Setelah peluncuran Sport, Crown Sedan akan tiba pada bulan November sementara Crown Estate akan menyelesaikan kuartet premiumnya sebelum akhir tahun fiskal Toyota 2024. Untuk waktu yang lama, lambang bersejarah Crown telah ditempelkan pada sedan, namun keempat model ini "mengumumkan pembukaan bab kedua untuk merek Crown,” seperti yang dikatakan Toyota.
Konsep desain Crown Sport 'menyeimbangkan kekuatan dan kemewahan' dan Toyota memperkenalkan paket yang mudah untuk masuk dan keluar, menghadirkan pengalaman berkendara yang lincah dan sporty.
Peleknya berukuran 21 inci dengan ban 235/45. Omong-omong, dengan panjang 4.720 mm dan lebar 1.880 mm, ukuran Crown Sport sebanding dengan BMW X3, meski jauh lebih kecil.
Dasbor Crown jauh lebih konvensional, dan ini merupakan hal yang bagus. Terdapat layar seluas 12,3 inci dan Toyota memiliki desain arsitektur pulau, di mana pengemudi dan penumpang dikoordinasikan secara asimetris: sisi pengemudi berwarna hitam (sehingga dapat berkonsentrasi mengemudi), sedangkan sisi penumpang memiliki fitur khusus.
Ini adalah tema interior pasir coklat dan hitam yang baru, tapi tentu saja Anda bisa memiliki semuanya dalam warna hitam. Pada eksterior, Anda bisa memilih antara enam warna bodi monoton dan lima kombinasi two-tone.
Kenyamanan dan kemudahan penggunaan merupakan hal yang penting, karena Jepang adalah negara dengan masyarakat yang menua. Kita juga demikian, dan harga serta posisi Crown berarti pembelinya tidak akan bertambah muda. Masuk dan keluar adalah sesuatu yang dianggap serius oleh Toyota, dan Crown Sport menonjol berkat rodanya yang besar yang membantu tujuan ini. Ketinggian panel rocker, perbedaan ketinggian, dan bentuk trim pintu belakang semuanya dirancang untuk memudahkan pergerakan kaki.
Crown Sport juga memiliki langit-langit kedap suara pertama Toyota, yang memantulkan suara di dalam kabin untuk menciptakan ruang, di mana penumpang dapat berkomunikasi langsung satu sama lain untuk memfasilitasi percakapan.
Toyota mengatakan Sport memiliki sistem suspensi yang dikonfigurasi secara khusus untuk memberikan gaya penahan dan redaman yang memungkinkan pengemudi untuk memahami secara tepat maksud dan respons kendaraan. Ada juga Dynamic Rear Steering (DRS) yang memberikan kelincahan pada kecepatan rendah dan stabilitas lebih baik pada kecepatan tinggi.
Di balik hidung hiu ini terdapat sistem hybrid paralel 2,5 liter dengan E-Four, produk andalan Toyota. A25A-FXS menghasilkan 21,3 km/l dalam mode WLTC. Sementara itu, PHEV 2.5L opsional memiliki motor penggerak kepadatan output tinggi yang juga memungkinkan perpindahan gigi maju/belakang dan kontrol kecepatan kendaraan dengan throttle halus, yang terdengar seperti hatchback panas! PHEV akan memiliki baterai lithium-ion baru. Tidak ada nomor yang diberikan tetapi mungkin mirip dengan RAV4 PHEV.