ADVERTISEMENT

Fantantis! Dua SMP di Kota Bogor Bangun Toilet Tambahan Senilai Rp200 Juta

Rabu, 4 Oktober 2023 17:19 WIB

Share
Gambaran pembangunan toilet di SMPN 9 Kota Bogor (ist)
Gambaran pembangunan toilet di SMPN 9 Kota Bogor (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID –  Dibangun dengan konsep ikonik dan berintegrasi dengan penataan lingkungan, bangunan toilet tambahan di dua Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Bogor dibangun senilai Rp 200 juta untuk masing-masing sekolah. Dua Sekolah ini adalah SMPN 9 dan juga SMPN 17 Bogor.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Disdik Kota Bogor, Sultodi Mahbub mengatakan, toilet sekolah ini dibangun dengan konsep arsitektur ikonik yang kekinian, sehingga akan menghilangkan mindset toilet yang kumuh dan kotor. Selain itu, toilet ini akan berintegrasi dengan penataan lingkungan.

"Berangkat dari sini, mindset toilet kotor dan jorok itu ditinggalkan. Kita membangun toilet dengan kondisi zaman kekinian. Sejalan dengan Kota Bogor ramah lingkungan, kami terapkan septic tank biofil/biofilter bukan konvensional," kata Sultodi, Rabu (4/10/2023).

Septictank biofil ini, kata Sultodi, diketahui dapat menguraikan limbah tinja menjadi limbah cair, yang kemudian akan diberi disinfectant.

Sehingga limbah-limbah tersebut menjadi cairan yang lebih aman untuk diresapkan ke tanah atau dibuang ke drainase kota.

Menurut Sultodi, toilet ini merupakan bangunan baru yang dilengkapi dengan listrik. Disesuaikan dengan lahan yang dimiliki sekolah, toilet baru di SMPN 9 Bogor memiliki panjang 7 meter dengan lebar 3 meter.

Dalam pembangunan toilet ini, hal yang paling banyak memakan biaya ialah dak beton dan sanitasi seperti kloset, wastafel, hingga urinoir. Yang mana, pada toilet baru di SMPN 9, akan ada satu kloset duduk dan dua kloset jongkok untuk perempuan.

"Untuk perempuan ada tambahan kebutuhan khusus seperti cermin. Serta dimanfaatkan jadi ruang ganti. Juga wastafel sebagai standar protokol kesehatan," ucapnya.

Sedangkan, untuk toilet laki-laki akan disediakan satu kloset jongkok dan tiga urinoir. Dimana toilet dengan urinoir ini baru pertama kali dibuat di sekolah-sekolah se-Kota Bogor.

“Melihat juga dan evaluasi di beberapa sekolah, biasanya laki-laki kalau buang air kecil (BAK) nggak dibanjur (disiram). Saya melihat di beberapa fasilitas umum yang bagus, untuk yang laki-laki kita sediakam urinoir. Ini pertama, belum ada di Bogor,” jelasnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT