ADVERTISEMENT

2 SD di Bogor Mau Dibangun Pakai Konsep Green Building, Ini Kata Bima Arya

Rabu, 27 September 2023 21:32 WIB

Share
Bima Arya dalam FGD tentang pembangunan SD dengan konsep green building. Foto: Ist.
Bima Arya dalam FGD tentang pembangunan SD dengan konsep green building. Foto: Ist.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Dua Sekolah Dasar (SD) di Kota Bogor rencananya akan dibangun dengan konsep green building. Konsep ini bukan hanya tentang penataan tanaman, tapi juga mengarah pada hemat energi.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, konsep green building ini tidak hanya berbicara soal tanaman, tapi juga tentang desain untuk meningkatkan kualitas hidup yang melibatkan semua dimensi.

Untuk penghematan energi, seperti penggunaan kaca yang mempengaruhi pencahayaan, tidak lupa juga untuk ventilasi yang membantu sirkulasi udara serta lainnya.

“Jadi dimensi berikutnya dari green building adalah hemat energi. Akan lebih bagus kalau kemudian bisa lebih progres lagi jika energi terbarukan. Pengolahan air menjadi pembahasan selanjutnya. Akan seperti apa, dari mana, mengalirnya kemana dan sebagainya. Sampah harus sesuatu yang baru bukan open dumping lagi. Konsepnya Reuse Reduce Recycle (3R) harus ada dan terintegrasi,” kata Bima, Rabu (27/9/2023).

Selain itu, Bima Arya pun menyampaikan masukan tentang konsep green building energi, pencahayaan, air, sampah, penggunaan material dan pasak. 

Saat menghadiri Focus Group Discussion (FGD) - Konsultasi Perencanaan Pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) SD Duta Pakuan dan SD Cimahpar 3, Bima Arya menitipkan desain yang lebih menarik untuk perpustakaan dan ruang konseling.

“Ke depan kedua hal tersebut di Kota Bogor akan menjadi prioritas. Saya titip dua hal itu agar didesain lebih menarik, ruang konseling harus nyaman, bisa dikonsultasikan dengan psikolog anak atau bisa melihat ruang dokter gigi untuk perawatan gigi anak sehingga anak-anak senang ketika berobat atau perawatan gigi karena desain ruangnya menyenangkan dan nyaman,” kata Ketua DPP PAN ini. 

Penggunaan material pun menjadi perhatian berikutnya. Di Kota Bogor sudah ada beberapa pengolahan sampah plastik yang diolah dan diubah menjadi produk paving dan lain-lain.

Kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah pun diminta oleh Bima Arya untuk mengkoordinasikan hal tersebut ke depan. Tentunya dengan melakukan uji kelayakan terlebih dulu penggunaan material dari pengolahan sampah plastik bisa menjadi showcase.

“Penggunaan material dari daur ulang sampah, green economy harus menjadi salah satu style dari sekolah ini,” tegas Bima Arya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Panca Aji
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT