ADVERTISEMENT

Bahas Penyelamatan Lingkungan, PPLI : Banyak Perusahaan Belum Taat Buang Limbah

Minggu, 24 September 2023 14:00 WIB

Share
Sinergitas media dan PPLI untuk menyelamatkan lingkungan. 
Sinergitas media dan PPLI untuk menyelamatkan lingkungan. 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGORPOSKOTA.CO.ID - Penanganan sungai Cileungsi masuk dalam perbincarangan dengan tema "Sinergitas media dan PPLI untuk menyelamatkan lingkungan. 

Bincang-bincang serta diskusi antar PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) dengan sejumlah wartawan ini dilakukan dalam upaya menjaga ekosistem lingkungan, terkhusus di Kabupaten Bogor. 

Manager Humas PT PPLI, Arum Tri Pusposari menjelaskan, diskusi ini dilakukan untuk menjalin silaturahmi antara perusahaan pengelola limbah B3 ini dan juga media.

Yang mana, lanjut Arum, pada sesi diskusi ini, yang dibahas adalah cara dan langkah menangani peristiwa yang sedang terjadi, yaitu tercemarnya Sungai Cileungsi. 

"Ya masalah, kita hari ini menggelar diskusi dengan para jurnalis yang ada di Bogor. Obrolan yang dibicarakan para jurnalis, adanya pencemaran lingkungan di sungai Cileungsi yang belum teratasi sampai saat ini. Adanya perusahaan yang belum taat membuang limbahnya dengan baik jadi permasalahan yang serius," ucap Arum Tri Pusposari, Minggu (24/9/2023).

Arum memaparkan, rusaknya ekosistem akibat masih banyaknya perusahaan yang belum bisa mengelola limbahnya dengan baik, menjadi salah satu catatan dan juga PR bagi PPLI yang notabene adalah perusahaan pengelola limbah B3 dan juga Industri. 

“Kami juga sudah sosialisasikan soal limbah yang mereka miliki. Namun banyak dari mereka yang mengelak. Padahal kami ini terbuka saja, siapa saja yang mau limbahnya dikelola oleh kami,” ungkapnya. 

Untuk penanganan pencemaran Sungai Cileungsi, kata Arum, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor perlu mengeluarkan aturan atau regulasi perihal transparansi pembuangan limbah industri.

"Ini harus ada penanganan yang serius. Misalnya, setiap saluran pembuangan perusahan dipasang plang perusahan dan diberi lampu. Kemudian dipasang CCTV agar selalu terpantau pembuangan limbahnya," papar Arum. 

Ditempat yang sama, Manager CSR dan community relation PPLI Ahmad Farid mengatakan, akumulasi limbah yang terkumpul sejak lama di dasar air, salah satu penyebab sulitnya pengendalian pencemaran limbah di Sungai Cileungsi ini.q

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Panca Aji
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT