ADVERTISEMENT

Pengamat Nilai Demokrat ke Prabowo dan KIM Sangat Rasional

Kamis, 21 September 2023 12:51 WIB

Share
Pengamat Nilai Demokrat ke Prabowo dan KIM Sangat Rasional. (Instagram/@prabowo)
Pengamat Nilai Demokrat ke Prabowo dan KIM Sangat Rasional. (Instagram/@prabowo)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Elektabilitas Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto diyakini akan terus menguat seiring dengan banyaknya dukungan yang didapatkan. Seperti yang baru-baru ini terekam, Prabowo mendapatkan dukungan dari Partai Demokrat dan juga Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Pengamat Politik Citra Institute, Yusak Farchan mengatakan merapatnya Demokrat dan SBY ke Prabowo dan Koalisi Indonesia Maju (KIM) diyakini sebagai langkah yang sangat rasional. 

“Bergabungnya Demokrat ke Prabowo saya kira sangat rasional,” kata Yusak dalam keterangannya, Rabu (20/9). 

Yusak melanjutkan, menurutnya alasan lain adalah adanya kesetaraan politik di antara para partai politik (parpol) dalam hal mendukung Prabowo. Hal itulah yang menjadi alasan kuat Demokrat merapatkan barisan mendukung Prabowo pada Pilpres 2024 mendatang.

“Ada kesetaraan politik di antara Parpol pendukung Pak Prabowo sehingga membuat Demokrat nyaman bergabung,” ujar Yusak. 

Ia juga menambahkan, pertemuan Prabowo dan SBY sebelumnya di acara Pepabri juga menjadi indikasi tidak adanya halangan berarti di antara keduanya. Pertemuan yang berlanjut di Hambalang di kemudian hari juga menjadi bukti bahwa keduanya memang memiliki banyak kecocokan. 

“Tidak ada hambatan psikologis antara SBY dengan Prabowo sehingga mempermudah keduanya menjalin kerja sama politik. Apalagi backgroundnya sama-sama militer,” tutur Yusak. 

Yusak menyimpulkan, hal itu jauh berbeda dengan situasi yang ada di dalam koalisi Capres PDIP Ganjar Pranowo. Menurutnya, di dalam tubuh PDIP masih adanya kesan mendominasi dalam hal menentukan arah koalisi. 

“Berbeda dengan situasi politik di poros Ganjar di mana masih ada kesan dominasi PDIP sebagai the rulling party dalam mengendalikan arah koalisi,” pungkas Yusak.

ADVERTISEMENT

Reporter: Kamila Sayara Avicena
Editor: Kamila Sayara Avicena
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT