ADVERTISEMENT

Inovasi Baru Piaggio, Terapkan Variable Valve Timing untuk Mesin Kecil

Rabu, 20 September 2023 07:12 WIB

Share
Piaggio berinovasi dengan Variable Valve Timing untuk mesin kecil (lst)
Piaggio berinovasi dengan Variable Valve Timing untuk mesin kecil (lst)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Di era yang ditandai dengan prediksi matinya mesin pembakaran internal, pabrikan otomotif asal Italia, yakni Piaggio kembali melakukan terobosan dalam pengembangan mesin.

Sistem VVT Piaggio, yang dijelaskan dalam permohonan paten terperinci, bertujuan untuk mengoptimalkan waktu masuk pada mesin camshaft satu silinder pada skuter. Dengan margin keuntungan yang ketat di segmen pasar ini, desain menekankan kesederhanaan dan komponen yang lebih sedikit.

Sekilas, sistem SOHC VVT Piaggio menyerupai desain 'VVA' (Variable Valve Actuation) milik Yamaha yang digunakan pada berbagai jenis sepeda motor. Namun, ada perbedaan halus namun penting yang membedakan sistem Piaggio dengan Yamaha.

Kedua sistem tersebut menggunakan dua profil untuk lobus bubungan masuk, yang beroperasi pada lengan ayun ganda guna mengontrol dua katup masuk. Seperti VVA Yamaha, sistem Piaggio juga menggunakan pin untuk mengaktifkan atau menonaktifkan lengan ayun, dengan aktuator untuk mengaktifkannya, dan pegas untuk melepaskannya saat tidak diperlukan.

Perbedaan utamanya adalah jumlah elemen pada rocker arm. Sistem Yamaha VVA terdiri dari dua bagian, diantaranya lengan ayun konvensional dan komponen untuk lobus bubungan berdaya angkat tinggi dan tahan lama.

Sebaliknya, desain Piaggio menggabungkan tiga elemen ke dalam rocker arm, memungkinkan kontrol yang lebih lengkap terhadap valve timing, lift, dan timing.

Inovasi tersebut dapat dikatakan memungkinkan sistem Piaggio untuk menyesuaikan tidak hanya pengangkatan katup tetapi juga timing katup, hingga dapat memberikan keunggulan tersendiri dibandingkan sistem Yamaha yang hanya dapat beralih antara lobus pengangkatan rendah, timing pendek, dan waktu kenaikan katup serta waktu lama.

Dengan desain yang menggunakan Piaggio, lobus cam rpm tinggi dapat memiliki timing berbeda, sehingga meningkatkan performa mesin pada rpm tinggi.

Paten menunjukkan sistem ini pada mesin seperti Vespa GTS 300, yang digunakan di berbagai model Piaggio, termasuk Piaggio MP3. Komitmen Piaggio untuk meningkatkan kinerja mesin kecil mencerminkan dedikasinya terhadap inovasi dalam industri yang selalu berubah.

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT