ADVERTISEMENT

Debut Mobil SUV Generasi Ketiga Volkswagen Tiguan 2023 di Pasar Global, Jangkauan Listrik Mencapai 100 Kilometer

Rabu, 20 September 2023 07:30 WIB

Share
Peluncuran Volkswagen Tiguan 2024 di pasar global (lst)
Peluncuran Volkswagen Tiguan 2024 di pasar global (lst)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Bocor bulan lalu, Volkswagen Tiguan 2024 telah resmi diluncurkan. Ditenagai platform MQB evo, mobil SUV generasi ketiga ini lebih panjang 3 cm dari versi sebelumnya, sedangkan tinggi, lebar, dan jarak sumbu roda tetap hampir sama. Setelah peluncuran globalnya, Tiguan akan mulai dijual pada tahun 2024 mendatang.

Mobil Volkswagen ini tampil menonjol dengan desain eksterior yang benar-benar baru, dengan tepian yang lebih lembut dibandingkan versi sebelumnya. Elemen styling di bagian depan mencakup lampu depan matriks IQ.Light HD LED baru dan strip kaca horizontal, sedangkan bukaan gril kini berada di sisi luar bemper, dengan tirai udara memastikan sirkulasi udara optimal.

Pada bagian belakang mobil Volkswagen Tiguan 2024, strip LED horizontal baru menerangi segalanya dengan lampu besar serta elemen hitam besar di bemper depan.

Di bagian interiror, terdapat kursi ergoActive Plus baru yang menarik perhatian, dilengkapi dengan penyesuaian pinggang pneumatik empat arah dan fungsi pijat tekanan pneumatik 10 ruang, serta modul MIB4 generasi keempat Digital Cockpit berbasis matriks infotainment, dengan tampilan area yang luas dan dilengkapi cluster instrumen 10,25 inci, layar sentuh infotainment sentral 15 inci, dengan menu terstruktur dan grafik baru.

Selain head-up display baru, terdapat pula Driving Experience Control di konsol tengah yang merupakan pengontrol putar dengan layar OLED tersendiri. Ini digunakan untuk mengontrol mode mengemudi, volume radio, atau warna cahaya sekitar.

Di tempat lain, asisten suara IDA memungkinkan pengelolaan berbagai fungsi kendaraan dan infotainment melalui perintah suara. Tuas persneling yang sebelumnya ada di area ini telah diganti dengan saklar yang terletak di sebelah lingkar kemudi, mirip dengan Volkswagen ID. model baru dan Passat.

Pengemudi hanya perlu menggeser saklar ke arah 'D' untuk mengemudi dan kembali ke 'R' untuk mundur, dan mengaktifkan rem parkir dengan menekan bagian samping saklar.

Volkswagen Tiguan akan tersedia dengan sejumlah pilihan powertrain, mulai dari mesin diesel turbocharged TDI dan mesin bensin turbocharged TSI hingga sistem hybrid ringan (eTSI) dan hybrid plug-in (eHybrid).

Produsen mobil tersebut mengatakan jika sistem hybrid plug-in baru akan menawarkan jangkauan listrik sekitar 100 km, dan selain pengisian daya AC yang lebih cepat, pengisian daya DC juga akan menjadi standar untuk pertama kalinya.  

Secara mekanis, Tiguan akan ditawarkan dengan sistem suspensi adaptif Dynamic Chassis Control (DCC) yang diperbarui, versi Pro dengan peredam kejut katup ganda tersedia sebagai opsi.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT