Pastikan Pasokan Beras Aman, PIBC Dipasok Beras SPHP Sebanyak 2.000 Ton

Senin, 18 September 2023 19:46 WIB

Share
Presiden Joko Widodo saat tinjau ketersediaan stok CBP di Gudang Bulog. (biro pers)
Presiden Joko Widodo saat tinjau ketersediaan stok CBP di Gudang Bulog. (biro pers)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Badan Pangan Nasional (Bapanas)/National Food Agency (NFA) memastikan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) masuk ke gudang Food Station di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC).

Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk memastikan pasokan di Jakarta aman ditengah lonjakan harga beras.

"Hari ini kita pastikan beras SPHP dari Perum Bulog 500 ton masuk ke Gudang Food Station, kemudian 1.500 ton sampai sore ini juga akan masuk ke Gudang Food Station, jadi hari ini akan terdistribusikan hingga 2.000 ton," kata Kepala NFA Arief dalam keterangan resminya di Jakarta, dikutip, Senin (18/9).

Arief menuturkan, dengan cara penggelontoran beras SPHP sebanyak 2.000 ton berpotensi menurunkan harga beras di PIBC

"Dengan ini, hari ini atau besok sudah mulai keliatan penurunan harga beras di Cipinang. Ini karena harga beras yang dijual disini harganya tidak lebih Rp10.385 per kh," tuturnya.

Lebih lanjut Arief mengatakan pentingnya kolaborasi yang sinergis dalam upaya stabilisasi beras nasional.

Untuk itu, dikatakan Arief, pihaknya mengajak masyarakat untuk saling bahu membahu dan gotong royong guna implementasi berbagai program untuk menekan harga beras.

"Kita telah menggelontorkan CBP antara lain melalui penyaluran bantuan pangan beras, gerakan pangan murah, dan beras SPHP yang sudah kita gencarkan pula melalui PIBC. Apalagi PIBC merupakan barometer pasar beras nasional. Untuk itu, mari kita saling berkolaborasi dan bahu membahu," tandasnya.

Diketahui, mulai 13 September, pemerintah secara masif menyalurkan beras SPHP ke PIBC dengan tujuan semakin memperluas jangkauan beras SPHP.

Kemudian, untuk tahap awal, Bulog akan mengirimkan total 4.500 ton ke PIBC dengan rincian 1.500 ton ke 50 pedagang terverifikasi dan sebanyak 3.000 ton dikirim ke gudang Food Station di PIBC.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar