ADVERTISEMENT

Tinjau 2 Proyek Bendungan, Menteri Basuki: Kendalikan Banjir di Hilir Sungai Citarum

Minggu, 17 September 2023 17:07 WIB

Share
Menteri PUPR Basuki Tinjau Bendung Cibeet dan Cijurey (Panca Aji)
Menteri PUPR Basuki Tinjau Bendung Cibeet dan Cijurey (Panca Aji)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID –  Di akhir pekan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, meninjau sejumlah pembangunan infrastrukstur yang masuk Program Strategis Nasional (PSN).

Salah satunya adalah bendung Cibeet dan Cijurey yang terletak di wilayah timur Kabupaten Bogor.

Pada saat melakukan peninjauan, Menteri Basuki atau yang akrab disapa Pak Bas ini, melakukan peninjauan bersama dengan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Anggota Komisi V DPR RI Mulyadi dan Bupati Bogor Iwan Setiawan.

Pak Bas bersama pada pejabat ini meninjau lokasi rencana pembangunan Bendung Cibeet di Kecamatan Cariu dan Cijurey di Kecamatan Sukamakmur.

Menurut Pak Bas, progres pembangunan dua bendung sebagai upaya pengendalian banjir di wilayah hilir Sungai Citarum itu, memasuki tahap penetapan lokasi (penlok), kemudian persiapan pembebasan lahan.

"Penlok dari Gubernur sudah ada. Tinggal pembebasan lahan nanti dilakukan tim apraisal. Masyarakat juga sudah menerima usai disosialisasi dengan baik oleh Pak Mulyadi dari Komisi V DPR RI dan Pemkab Bogor," katanya, Minggu (17/9/2023).

Rencananya, kata Pak Bas, Bendung Cibeet akan dibangun di atas lahan seluas 1.700,26 hektare meliputi delapan desa di dua kecamatan, yakni Tanjungsari dan Cariu. Bendung tersebut diyakini mampu mereduksi banjir hingga 66 persen di wilayah Karawang dan Bekasi.

Sementara Bendungan Cijurey, sambung Menteri PUPR ini, merupakan permintaan langsung warga Kabupaten Bogor, untuk mengairi lahan persawahan, terutama saat musim kemarau.

Bendung Cijurey rencananya dibangun di atas lahan seluas 203,9 hektare di empat desa yang ada di tiga kecamatan, yakni Sukamakmur, Cariu dan Tanjungsari.

"Nanti setelahitu, kita akan bangun tanggul-tanggul di wilayah Sungai Citarum ini. Mudah-mudahan bisa segera dibangun dan banjir bisa ditangani," pungkasnya. (Panca Aji)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT