ADVERTISEMENT

Pabrik PT Lotte Chemical Indonesia Cilegon Dibangun 13 Ribu Pekerja dan Telan Rp 60 T, Apa Saja Produknya?

Rabu, 13 September 2023 14:33 WIB

Share
Presiden Jokowi meninjau progres pembangunan PT Lotte Chemical Indonesia Cilegon, Banten. Foto: Setpres RI.
Presiden Jokowi meninjau progres pembangunan PT Lotte Chemical Indonesia Cilegon, Banten. Foto: Setpres RI.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo meninjau pembangunan pabrik industri PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) Cilegon, Banten, pada Selasa 12 September 2023.

Dalam keterangannya, Jokowi menyebut bahwa progres pembangunan industri sektor Petrokimia di PT Lotte Chemical Indonesia Cilegon tersebut sudah mencapai 73 persen.

Menurut proyeksi, progres pembangunan PT Lotte Chemical Indonesia Cilegon akan selesai pada 2025 mendatang.

Diketahui proyek tersebut menyangkut investasi yang sangat besar, yakni senilai Rp 60 triliun. Pekerja yang dilibatkan untuk pembangunan pabrik ini juga sangat banyak, yakni 13 ribu pekerja.

Setelah selesai, pabrik tersebut akan menghasilkan banyak produk. Di mana hasil produk-produk tersebut juga akan digunakan untuk substitusi impor dan ekspor. 

“Proyek ini sudah dimulai tahun 2020 dan akan selesai nanti di 2025. Progresnya sudah sangat bagus, sudah selesai 73 persen dan menyangkut investasi yang sangat besar kira-kira Rp60-an triliun, USD 3,9 billion atau Rp 60 triliun,” kata Presiden Jokowi disitat Rabu 13 September 2023.

Presiden Jokowi mengatakan, setelah pembangunan selesai, pabrik ini akan menghasilkan berbagai produk. Presiden menyebutkan bahwa hasil produksi tersebut akan digunakan sebagai pengganti impor dan juga untuk diekspor.

"Setelah pabrik ini selesai, akan dihasilkan ethylene, polypropylene, benzene, dan sebagainya, total ada 17 produk yang dihasilkan. Ini sangat baik karena akan menggantikan barang-barang impor, 70 persen akan digunakan di dalam negeri dan 30 persen akan diekspor," ujar Jokowi.

"Kedua hal ini baik, karena yang digunakan di dalam negeri akan menggantikan barang-barang impor Petrokimia yang kita beli. Semuanya positif, saya pikir industri-industri ini sangat kita butuhkan," tambahnya.

Selama peninjauan tersebut, Presiden Jokowi melihat berbagai bagian dalam pembangunan, seperti area produksi, tangki penyimpanan produk akhir, dan fasilitas pendukung seperti dermaga.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT