Relawan Ganjar Pindah Dukungan, Peluang Elektabilitas Prabowo Makin Menguat

Minggu, 10 September 2023 16:53 WIB

Share
Prabowo Subianto (Instagram/@prabowo)
Prabowo Subianto (Instagram/@prabowo)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto terus mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk para relawan dari Capres PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo. Terbaru, Relawan Milenial Ganjar yang berada di Jawa Timur (Jatim) secara resmi beralih dukungan kepada Prabowo di Pilpres 2024. 

Melihat fenomena tersebut, Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Research and Analysis, Fadhli Harahab menyatakan berpindahnya dukungan itu berpotensi menambah daya elektoral Prabowo, khususnya yang berada di Jatim. 

“Ya kepentingannya tetap untuk menarik elektoral Prabowo jelang Pilpres 2024,” kata Fadhli, ketika dihubungi, Sabtu (9/9). 

Tak hanya memperkuat elektabilitas Prabowo, Fadhli menerangkan ada beberapa faktor relawan itu berpindah dukungan. Pertama, ia meyakini para kepentingan relawan itu tidak terakomodir dengan baik. 

“Pertama, itu kepentingan, bisa jadi kepentingan si relawan atau yang pindah ini tidak diakomodir oleh pihak yang lain, kemudian kalau tidak diakomodir ya bisa jadi dia pindah,” terang Fadhli. 

Lebih lanjut, Fadhli menegaskan apa yang direncanakan oleh para Relawan Milenial Ganjar itu tidak bisa dijalankan dengan baik. Maka dari itu, para Relawan Milenial Ganjar itu berbondong-bondong pindah dukungan kepada Prabowo. 

“Kedua, bisa jadi apa yang dicita-citakan atau apa yang dijadikan misi bersama oleh kelompok itu, tidak sesuai dengan apa yang diprogramkan atau direncanakan serta disusun oleh si capres, karena berlainan visi dan misi antara capres dan relawan,” tuturnya. 

Adapun peluang elektabilitas Prabowo untuk menguat memang semakin membesar, terutama di kantong-kantong pemilih yang berada di Jatim. Seperti diketahui, hingga saat ini Capres Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu masih menguasai perolehan suara di Jatim. 

Berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan Surabaya Research Syndicate (SRS) periode 2 – 11 Agustus 2023, Prabowo masih berada di peringkat teratas elektabilitas capres dengan total dukungan sebesar 43,7 persen. Diikuti, Capres PDIP, Ganjar Pranowo dengan 39,5 persen dan Capres Anies Baswedan dengan 12,2 persen. 

Sebelumnya, Relawan Milenial Ganjar Pranowo secara resmi mengalihkan dukungannya kepada Prabowo Subianto jelang pilpres 2024. Para relawan itu menyatakan dukungannya kepada Prabowo secara simbolik dengan melepas baju dan atribut relawan Ganjar Pranowo. 

Halaman
Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar