ADVERTISEMENT

Gempa Maroko Tewaskan 2000 Orang, Banyak Penduduk Frustasi

Minggu, 10 September 2023 16:36 WIB

Share
Gempa Maroko tewaskan 2000 orang. Foto: Ist/AlJazeera.
Gempa Maroko tewaskan 2000 orang. Foto: Ist/AlJazeera.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Gempa Maroko yang terjadi pada Jumat 8 September 2023, tercatat telah menewaskan 2000 orang. Akibat banyaknya korban dan luasnya dampak kerusakan, Maroko pun mengumumkan tiga hari berkabung nasional.

Bukan cuma gempa magnitudo 6,8 saja, sebab sejumlah gempa susulan juga terus menghantui masyarakat Maroko. Termasuk gempa berkekuatan M 4,5 yang baru saja dirasakan warga Marrakesh.

Tiap guncangan gempa susulan terjadi, mereka langsung panik dan seolah memiliki trauma buruk tersendiri. Menurut seorang penduduk Marrakesh, banyak warga yang frustasi akibat gempa.

Berbicara kepada Al Jazeera, disitat Minggu 10 September 2023, warga yang tak menyebutkan namanya itu nampak meluapkan emosi dan rasa frustrasi telah kehilangan banyak anggota keluarga. Terlebih dia bersama warga lain yang selamat tidak mendapat upaya bantuan.

“Saya telah kehilangan empat anak dan suami saya. Kami mengandalkan Tuhan, apa pun kondisinya,” kata dia.

Sementara itu, Fatema Satir, warga Mellah di Marrakesh, juga menyebut banyak warga frustasi serta mengkritik kurangnya bantuan bagi orang-orang di jalanan. Ya, pasca gempa besar terjadi Jumat lalu, banyak warga kemudian memilih tinggal di jalanan atau di alun-alun.

Sebab mereka khawatir keselamatan mereka terancam jika gempa kembali terjadi dan menghancurkan bangunan.

“Lihat di mana orang-orang ini tidur, tidak ada bantuan untuk kami,” ujarnya kepada Al Jazeera sambil mengajak warga berkeliling.

Warga lainnya, Noureddine Lahbabi mengatakan, momen ini merupakan pengalaman yang menyakitkan bagi dirinya. "Jika hal ini terjadi pada saudara laki-laki atau perempuan Anda, itu sungguh menyakitkan.”

Terlepas dari minimnya bantuan, seorang warga lainnya bernama Fatna Bechar menuturkan pengakuan merasa beruntung berhasil selamat dari gempa Maroko. 
Dia mengaku selamat usai ditolong oleh tetangganya usai gempa terjadi.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT