ADVERTISEMENT

Peluncuran TVS Apache RTR 310, Motor Sport Fairing Hasil Kerjasama BMW dan TVS

Jumat, 8 September 2023 18:30 WIB

Share
Motor TVS Apache RTR 310 (lst)
Motor TVS Apache RTR 310 (lst)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Seperti kita ketahui, TVS telah bekerjasama dengan BMW untuk mengembangkan model sepeda motor 300cc dengan meluncurkan model pertama, yakni BMW G310R pada tahun 2015 dan disepakati TVS akan meluncurkan produk tersebut.

Motor sport fairing tersebut diberi nama Apache RR310 dan baru-baru ini pabrikan asal India tersebut meluncurkan motor sport telanjangnya dengan nama resmi TVS Apache RTR 310. 

Tentunya jantung dasar yang dimiliki TVS Apache RTR 310 adalah mesin 312 cc 4 tak DOHC 1 silinder. Memiliki kecenderungan yang terbalik, tidak seperti mesin pada umumnya yang meningkatkan kecepatan maksimal lebih cepat.

Menghasilkan tenaga 35 tenaga kuda (hp) pada 9.750 rpm dan torsi 21,2 lb-ft, mengurangi bobot mesin sebesar 5% dibandingkan mesin asli yang dipasang pada Apache RR310.

Motor TWS tersebut akan dibagi menjadi tiga model, diantaranya model Standar, Dinamis, dan Dinamis Pro Kit yang akan memiliki pengaturan elektronik berbeda.

Ketiga model tersebut didasarkan pada mesin yang sama. Kendaraan tersebut akan dipasang pada rangka Trellis super spesial dengan subframe aluminium. Perbedaannya dimulai dengan suspensi depan terbalik standar 41mm USD dan monoshock KYB, sedangkan model Dynamic dan Dynamic Pro Kit menambahkan fitur yang dapat disesuaikan sepenuhnya.

Dari segi powertrain, model dasar hadir dengan transmisi standar 6 kecepatan, sedangkan model yang lebih tinggi hadir dengan transmisi standar 6 kecepatan.

Akan ada sistem Quickshifter yang bisa menambah atau mengurangi gigi tanpa menggunakan kopling. Mulai pada putaran mesin di atas 2.300 rpm dan juga ditingkatkan dengan teknologi GTT (Glide Through Traffic) yang mencegah mesin mati saat kopling tidak dilepas pada rpm rendah.

TVS Apache RTR 310 akan dilengkapi dengan sistem throttle elektrik. Tak hanya itu, produk baru TVS ini juga hadir dengan tiga mode mengemudi, seperti Urban, Rain, dan Sport, sementara Dynamic menambahkan mode Track untuk berkendara di trek dan Dynamic Pro Kit menambahkan mode Supermoto khusus dengan ABS yang dapat diganti.

Keunggulan yang dimiliki TVS Apache RTR 310 baru terletak pada paket elektroniknya yang hemat bahan bakar. Dan sebanding dengan model mana pun di jajaran superbike, model dasar hadir dengan bantuan kopling, ABS saluran ganda, kontrol traksi, model Dinamis dimulai dengan ABS menikung dan traksi Power Control Cornering, Kontrol Wheelie, Kontrol angkat belakang, Cruise control Cormerimg dan diakhiri dengan Kontrol Pertahanan Geser. Sistem pemantauan tekanan ban juga telah ditambahkan dan kursi khusus ber-AC. Hanya ditambahkan ke model Dynamic Pro Kit.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT