ADVERTISEMENT

Tegas, PBNU Tak akan Berikan Panggung bagi Bacapres di Munas & Konbes NU

Minggu, 3 September 2023 09:54 WIB

Share
Ketua Umum PBNU Gus Yahya. (Foto: NU Online).
Ketua Umum PBNU Gus Yahya. (Foto: NU Online).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – PB Nahdlatul Ulama (NU) bakal menggelar musyawarah nasional (munas) alim ulama dan konferensi besar (konbes) pada 18-20 September mendatang di Pondok Pesantren Al-Hamid, Cilangkap, Jakarta Timur.

Ketua Umum Pengurus Besar NU Yahya Cholil Staquf alias Gus Ynasahya mengatakan agenda itu akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Yahya menegaskan PBNU tidak akan memberikan panggung kepada para bacapres pada dua agenda tersebut. Alih-alih capres, Gus Yahya mengatakan mereka lebih memilih mengundang ahli di luar NU terkait perkembangan teknologi terkini.

"Tidak ada, tidak ada [bacapres]. Jadi nanti ada mungkin kita nanti ada undang dari ahli di luar lingkungan NU apabila dibutuhkan, misalnya ada soal AI [kecerdasan buatan]," ujarnya di kantor PBNU, Jakarta Pusat, Sabtu (2/9).

"Saya kira kita butuh ahli yang bisa menjelaskan kepada ulama-ulama ini AI itu apa? Dan dia beroperasi dengan cara apa, sehingga para ulama ini bisa membuat kesimpulan keagamaan tentang topik tadi itu, meminta fatwa pada AI itu. Tapi kalau capres tidak ada," imbuh pria yang pernah menjadi juru bicara Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu.

Gus Yahya menyatakan tema yang diangkat dalam agenda tersebut adalah 'Mendampingi Umat, Memenangi Masa Depan.' Ia menjelaskan, tema itu dipilih karena NU sedang merancang satu set agenda dan program yang diorientasikan pada pendampingan masyarakat di akar rumput secara langsung.

Dia mengatakan NU fokus pada membangun agenda-agenda yang menyangkut kesiapan untuk menyongsong dunia yang serba cepat. Salah satunya, terkait dengan teknologi dan dinamika internasional.

"Tapi jelas dalam hal ini teknologi merupakan salah satu unsur yang paling utama, dan juga ekonomi," ujarnya.(tri)
 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT