ADVERTISEMENT

BMKG Ingatkan Masyarakat Pesisir untuk Waspadai Gelombang Tinggi

Minggu, 3 September 2023 08:25 WIB

Share
Ilustrasi Gelombang Tinggi.(Ist)
Ilustrasi Gelombang Tinggi.(Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat pesisir untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi hingga empat meter.

Khususnya di beberapa wilayah perairan pada 3-4 September 2023.

"Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir. Serta sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim, BMKG, Eko Prasetyo, Minggu (3/9/2023). 

Ia mengatakan pola angin menjadi salah satu yang menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang tinggi.

Di mana wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari tenggara-barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur-tenggara. Di mana dengan kecepatan angin berkisar 8-25 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten-Jawa Barat. Lalu Laut Natuna, Selat Makassar bagian selatan, Laut Seram, Laut Arafuru, dan Teluk Yos Sudarso," paparnya.

Kondisi itu, lanjutnya, menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter di Selat Malaka, perairan utara Sabang, perairan barat Aceh-Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu-Pulau Enggano-barat Lampung.

Termasuk perairan selatan Jawa Barat-Jawa Timur, perairan selatan Bali-Sumbawa, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, perairan selatan P. Sumba, perairan P. Sawu-Kupang-P. Rotte, Laut Sawu bagian selatan, dan Selat Sape bagian selatan.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Samudra Hindia Selatan Jawa Timur-NTT, Laut Natuna Utara, Laut Natuna, Laut Jawa, Selat Karimata. Lalu perairan utara Jawa Timur, perairan selatan Kalimantan, perairan Kotabaru, dan Selat Makassar bagian selatan.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT