ADVERTISEMENT

Tok! Demokrat Resmi Keluar dari Koalisi Perubahan, Dukungan ke Anies Dicabut

Jumat, 1 September 2023 19:22 WIB

Share
Demokrat akhirnya keluar dari Koalisi Perubahan. (Ist)
Demokrat akhirnya keluar dari Koalisi Perubahan. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Partai Demokrat akhirnya secara resmi keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Keputusan Partai Demokrat keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan buntut dari diduetkannya Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Praktis, dukungan Demokrat terhadap pencalonan Anies Baswedan sebagai calon presiden juga dicabut secara resmi bersamaan dengan keluarnya mereka dari koalisi.

Keputusan resmi itu disampaikan langsung oleh Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Malarangeng, di Puri Cikeas, Jumat 1 September 2023.

"Partai Demokrat mencabut dukungan Anies Baswedan sebagai calon presiden dalam Pilpres 2024," kata Andi Mallarangeng.

Keputusan ini diambil dalam rapat Majelis Tinggi Partai Demokrat yang dipimpin oleh Susilo Bambang Yudhoyono. Di mana keputusan kedua adalah menarik Partai Demokrat dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

"Partai Demokrat tidak lagi menjadi bagian dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan karena ada pelanggaran kesepakatan yang telah dibangun selama ini," kata Andi.

Sebelumnya, Partai Demokrat mencurigai tindakan Anies Baswedan dan NasDem yang mengkhianati koalisi.

"Peristiwa yang terjadi ini adalah bentuk pengkhianatan terhadap semangat perubahan, pengkhianatan terhadap Piagam Koalisi yang telah disepakati oleh ketiga partai politik," ujar Sekretaris Jenderal Demokrat, Teuku Riefky, dalam pernyataan persnya pada Kamis 31 Agustus 2023.

"Juga pengkhianatan terhadap apa yang telah diungkapkan oleh Capres Anies Baswedan sendiri yang telah diberi mandat untuk memimpin Koalisi Perubahan," tambah Riefky.

ADVERTISEMENT

Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT