Potensi Praktik Pungli Sangat Besar Saat Pelaksanaan Tilang Uji Emisi

Jumat, 1 September 2023 16:30 WIB

Share
Suasana tilang uji emisi.(ahmad tri hawaari)
Suasana tilang uji emisi.(ahmad tri hawaari)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Praktik pungli saat pelaksanaan tilang uji emisi kendaraan sangat terbuka luas.

Wakil Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya AKBP Doni Hermawan mengatakan dalam kegiatan tilang uji emisi,  tak menutup kemungkinan praktik pungli marak terjadi.

Pasalnya dalam kegiatan tilang uji emisi ada interaksi langsung antara petugas yang melakukan penindakan dengan pelanggar.

"Pada saat ada interaksi dengan petugas secara langsung tentunya kemungkinan-kemungkinan seperti itu (pungli) harus diantisipasi baik bahwa prosedur penehakkan hukum juga dilaksanakan sesuai ketentuan," katanya kepada wartawan, Jumat (1/9/2023).

Namun demikian, Doni menuturkan akan melakukan pengawasan ketat terhadap potensi tersebut. Salah satunya menempatkan perwira saat tilang uji emisi.

'Jadi saya kira kita lakukan pengawasan secara ketat, dan ditunjuk oleh pak Subdit Gakkum setiap titik yang dilakukan razia uji emisi didampingi oleh Perwira sehingga pelaksanaanya sesuai dengan ketentuan," tuturnya.

Sekedar informasi, Dinas Lingkungan Hidup bersama kepolisian sudah mulai memberlakukan tilang bagi kendaraan yang belum uji emisi mulai hari ini, Jumat (1/9/2023).

Hari ini, kegiatan tilang bagi kendaraan yang belum uji emisi dilakukan di lima titik di wilayah DKI Jakarta.
"Sebagaimana kita ketahui bahwa hari ini juga mulai berlaku sanksi tilang terhadap kendaraan yang tidak lulus uji emisi yang sebagaimana kita ketahui bersama kami bersama dinas LH secara serentak melakukan kegiatan pengujian emisi di wilayah DKI," terang Doni. (Pandi)
 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar