ADVERTISEMENT

Intip Daftar Harga Motor Listrik di Pasaran yang Dapat Bantuan Subsidi Pemerintah Sebesar Rp 7 Juta

Rabu, 30 Agustus 2023 16:40 WIB

Share
Daftar harga motor listrik di pasar Indonesia (lst)
Daftar harga motor listrik di pasar Indonesia (lst)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Belum lama ini pihak Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan baru terkait perluasan penerimaan program bantuan untuk pembelian unit kendaraan motor listrik bertenaga baterai Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan terkait perluasan penerima program dukungan pembelian sepeda motor listrik roda dua bertenaga baterai, yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 21 Tahun 2023 terkait Perubahan Permenperin Nomor 6 Tahun 2023.

Dalam peraturan tersebut tertulis bahwa program bantuan ditujukan untuk satu kali pembelian KBL bertenaga baterai roda dua yang dilakukan oleh warga Indonesia dengan nomor induk kependudukan (NIK) yang sama. Besaran hibahnya Rp 7 juta/unit.

Menurut data Asosiasi Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli), jumlah pabrikan yang diuntungkan dari kebijakan ini semakin meningkat. Mereka akan mendapat subsidi sekitar Rp 7 juta untuk 200.000 unit kendaraan.

"Tercatat sudah ada 14 perusahaan dengan 30 model motor listrik yang sudah bermitra dengan pemerintah. Ke depan, pihaknya akan terus bertambah karena jumlah industri sepeda motor listrik yang ingin menjadi mitra pemerintah juga semakin banyak " ungkap Budi Setyadi selaku Ketua Aismoli, yang dikutip dari laman CNBC Indonesia, Rabu (30/8/2023).

Angka tersebut diketahui terjadi lebih dari beberapa bulan, terutama bulan pada bulan Mei lalu. Saat itu, jumlah merek yang mendapat subsidi hanya 10 perusahaan saja dengan 18 model.

Kendati demikian, hingga saat ini belum ada nama pabrikan sepeda motor sebelumnya seperti Honda yang telah meluncurkan sepeda motor listrik lewat EM1 e.

Di bawah ini, POSKOTA telah merangkum harga 30 model motor listrik dari total 14 perusahaan berbeda yang dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan para konsumen.

1. PT Smoot Motor Indonesia (79 dealer resmi)
Smoot Solo Elektrik Tempur Rp 11,5 juta
Smoot Solo Elektrik Zuzu Rp 12,9 juta

2. PT Juara Bike (7 dealer resmi)
Selis E-MAX Rp 21,79 juta
Selis AGATS Rp 13,5 juta
Selis Go Plus Rp 22,499 juta

3. PT Hartono Istana Teknologi (22 dealer resmi)
Polytron Fox R PEV 30M1 A/T Rp 13,5 juta

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT