ADVERTISEMENT

Waduh! Hujan Satu Hari Pasca Kemarau Panjang, Bogor Dikepung Bencana 

Senin, 28 Agustus 2023 14:34 WIB

Share
Ilustrasi Hujan Angin.(Ist)
Ilustrasi Hujan Angin.(Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID –  Setelah hampir satu bulan tak diguyur hujan, pada Minggu (27/8) hujan kembali mengguyur hampir seluruh Kota/Kabupaten Bogor, hal ini menjadi secercah harapan di penghujung masa kekeringan dan krisis air. 

Namun di sisi lain, hujan ini pun menjadi musibah baru bagi warga Kota dan Kabupaten Bogor, karena akibat hujan tersebut sedikitnya ada 24 titik kejadian bencana yang terjadi akibat hujan yang berlangsung kurang lebih selama 2 jam tersebut.

Tercatat, di 6 Kecamatan yang ada di Kota Bogor, sedikitnya ada 13 titik kejadian bencana yang melanda usai Kota tersebut diguyur hujan.

Dari catatan BPBD Kota Bogor, 13 bencana tersebut terbagi menjadi 4 kategori, yaitu pohon tumbang, angin kencang, longsor dan rumah ambruk. 

Untuk pohon tumbang sendiri, BPBD Kota Bogor mencatat ada 3 kejadian yang terjadi, yaitu di Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor, lalu di wilayah Kantor Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat dan di jalan Cipinang Gading, Kelurahan Rangamekar, Kecamatan Bogor Selatan.

Serupa dengan pohon tumbang, peristiwa angin kencang di Kota Bogor pun melanda 3 titik yang terletak di Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan, yaitu di Kampung Sindangsari, Kampung Pabuaran dan juga di Gang Amil Kelurahan Pamoyanan. 

Sementara itu, untuk kejadian tanah longsor Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat mencatat ada 6 peristiwa yang terjadi, yaitu longsornya TPT pondasi rumah di Kelurahan sukasari kecamatan Bogor Timur, longsornya TPT di wilayah Pondok Rumput, Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal.

Untuk di Kecamatan Bogor Selatan, tanah longsor ini melanda di Kelurahan Cikaret dan Kelurahan Genteng Kecamatan Bogor Selatan.

Selain di Kecamatan Bogor Timur, Tanah Sareal dan Bogor Selatan, bencana tanah longsor ini pun melanda ke wilayah Bogor Barat dengan sebaran di Kelurahan Loji dengan tinggi longsoran 15 meter dan juga longsor di Bogor Barat ini turut melanda daerah Kelurahan Sindang barang.

Sedangkan untuk peristiwa rumah ambruk, BPBD mencatat ada 1 peristiwa bangunan ambruk yang terjadi dinwilayah RT. 01/RW. 03 Wanajaya Gang Makam, Kelurahan Pasirjaya, Kecamatan Bogor Barat.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT