ADVERTISEMENT

Perilisan KTM 390 Duke dengan Perubahan Tenaga Mesin 1 Silinder 389cc

Kamis, 24 Agustus 2023 05:41 WIB

Share
KTM 390 Duke (lst)
KTM 390 Duke (lst)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - KTM telah memperkenalkan lini Duke barunya, dimana 390 Duke memiliki perubahan terbesar. Kini seri kendaraan tersebut ditenagai tersebut ditenagai oleh mesin satu silinder 398cc baru, sedangkan model yang lebih kecil mendapatkan gaya, suku cadang sepeda, dan elektronik yang juga serba baru.

Mesin New 390 Duke kini ditingkatkan kapasitasnya menjadi 398cc dan menghasilkan tenaga 44,8 hp dan torsi 39 Nm, meningkat 1,3 hp dan 2 Nm. Parameter bore dan stroke masing-masing untuk Triumph Speed 400 adalah 89 mm dan 64 mm.

Selain itu, kemungkinan besar mesinnya akan sangat berbeda, terlihat dari penutup mesin dan rantai di sebelah kiri sedangkan Triumph di sebelah kanan.
Mesin LC4C baru ditempatkan dalam rangka teralis baja yang semuanya baru.

Alih-alih subframe teralis baja seperti pada 390 Duke saat ini, unit 2024 baru menggunakan subframe aluminium cor, mirip dengan 790/890 Duke dan 1290 Superduke R.

Perubahan besar lainnya juga dilakukan pada sasis yang dilengkapi dengan lengan alumunium melengkung, serta dilengkapi dengan peredam kejut tunggal yang dipasang di atas. Hal ini dilakukan untuk memberikan lebih banyak ruang untuk airbox yang lebih besar serta catalytic converter.

Mesin pada Dukes yang lebih kecil juga telah diperbarui untuk mematuhi peraturan emisi terbaru, dan juga ada sedikit peningkatan pada tenaga puncak.

Mesin Duke 250 menghasilkan tenaga 31,2 hp dan 25 Nm, meningkat 1,2 hp dan 1 Nm dibandingkan mesin Duke 1/4 liter yang akan datang. Duke 125 yang mungil kini menghasilkan tenaga 15hp dan 11Nm, meningkat 0,5hp, meski torsinya turun 0,5Nm.

Model internasional ini hadir dengan menggunakan suspensi WP, dengan garpu yang dapat mengatur kompresi dan pemulihan, serta peredam kejut kompensasi tunggal baru untuk pemulihan dan preload. Namun, masih harus dilihat apakah penyesuaian ini dapat dilakukan dengan mengikuti model India.

Bahkan velg pada model baru ini lebih ringan dan diambil dari seri baru KTM RC. Dan seperti pada seri RC baru, rem cakram dipasang langsung di roda dan digeser ke kanan.

KTM sangat memperhatikan penghematan bobot Duke baru dan pijakan kaki terbuat dari aluminium palsu. Rilisnya hanya menyebutkan bobot (tanpa bahan bakar) untuk semua model. Duke 250 dan 390 memiliki berat yang sama yaitu 165kg, sedangkan Duke 125 yang lebih kecil memiliki berat 154kg.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT