Basis Pendukung Semakin Besar, Erick Thohir Potensial Raih Banyak Suara Masyarakat

Kamis, 24 Agustus 2023 15:44 WIB

Share
Erick Thohir cawapres potensial lebih unggul dari Sandiaga. (Instagram/@erickthohir)
Erick Thohir cawapres potensial lebih unggul dari Sandiaga. (Instagram/@erickthohir)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai calon wakil presiden (cawapres) terkuat pada Pilpres 2024 mendatang. Kekuatan besar Erick Thohir didapat berkat hadirnya dukungan besar dari berbagai kalangan masyarakat.

Temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1-8 Juli 2023 menunjukkan hasil positif bagi Erick Thohir. Pada simulasi tujuh nama cawapres, Erick Thohir sukses berada di peringkat pertama dengan raihan dukungan sebanyak 21,2 persen.

"Saya juga melihat sosok Erick Thohir ini mempunyai basis dukungan yang besar, oleh sebab itu elektoralnya tinggi," Pengamat Politik Universitas Brawijaya, Anang Sujoko.

Anang mengatakan, Erick Thohir semakin menjadi pilihan lantaran konsisten menunjukkan kepemimpinan yang gemilang. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya berbagai kemajuan besar di tubuh Kementerian BUMN.

Laba BUMN mengalami peningkatan hingga menjadi Rp 303,7 triliun pada tahun 2022. Erick Thohir juga menggencarkan kebijakan Bersih-Bersih BUMN yang sukses membongkar praktik korupsi seperti Jiwasraya, ASABRI, Garuda Indonesia, Waskita Beton Precast hingga Pelindo.

Berbagai capaian besar kepemimpinan Erick Thohir selama menakhodai BUMN mendapat banyak respon positif masyarakat. Sehingga membuat Erick Thohir menjadi figur menteri andalan dan menjadi kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saat ini Erick Thohir telah berhasil membangun Indonesia sebagai Menteri BUMN dan menjadi kepercayaan Jokowi, itu bukan hal yang mudah," ungkapnya.

Imbas daripada itu tentu membawa dampak positif secara elektoral bagi Anggota Kehormatan Banser Nahdlatul Ulama (NU) tersebut. Sosok Erick Thohir semakin mudah diterima pada semua kalangan yang tersebar di sejumlah wilayah Tanah Air.

Data dalam survei LSI menunjukkan bahwa basis pemilih Erick Thohir menguat di sejumlah wilayah Tanah Air yakni meliputi DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat hingga Bali Nusa. Posisi Erick Thohir menguat utamanya sebagai figur cawapres.

Catatan survei menunjukkan peningkatan pesat pemilih Erick Thohir di wilayah DKI Jakarta menjadi yang tertinggi dengan 31,1 persen. Sedangkan untuk di Jawa Tengah sebesar 28,5  kemudian Bali-Nusa sebanyak 24,3 persen, diikuti Jawa Barat dengan raihan 20,6 persen.

Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar