ADVERTISEMENT

Obrolan warteg: Dansa politik

Rabu, 23 Agustus 2023 05:42 WIB

Share

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Dalam dunia politik kita kenal sejumlah istilah seperti identitas politik, gimmick politik, manuver politik , hantu politik dan masih banyak lagi. Yang lagi ngetren belakangan ini adalah dansa politik atau politik dengan berdansa.

Dansa politik itu sendiri beberapa kali dilontarkan Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri ketika menyikapi dinamika politik belakangan ini, jelang pilpres, termasuk dengan berpalingnya Budiman Sudjatmiko yang mendukung Prabowo Subianto.

Menurut Megawati, berdansa itu simbol dukungan secara sendiri, berdua ataupun secara beramai –ramai. Dalam dansa pun pasangan bisa berganti – ganti.

Soal politik dengan berdansa ini disampaikan Megawati dalam sambutannya pada temu kader di Kantor DPD PDIP DIY, di Kota Yogyakarta, Selasa (22/8/2023).

“Betul juga, gerakan dansa juga macam – macam. Ada yang lambat, cepat, ngerock dan ngerol,” kata Heri mengawali obrolan warteg bersama sohibnya, mas Bro dan Yudi.

“Kayak pernah berdansa saja,” kata Yudi nyindir.

“Meski belum pernah berdansa, tapi sering melihat orang lagi berdansa, baik secara langsung, lewat film atau cerita- cerita,” jawab Heri.

”Intinya dansa itu harus melihat pasangan.Jika tidak tidak ada keserasian. Bisa – bisa keserimpet, jatuh di lantai. Dansa itu harus seiring sejalan,” kata mas Bro.

“Mungkin karena tidak senapas, tak sejalan itulah maka berganti – ganti pasangan,” tambah Heri.

“Bisa juga. Yang pasti dansa itu perlu keterpaduan, keserasian dan saling memahami situasi. Juga penuh perhatian kepada pasangan. Karena ada hitungan masik. Kapan bergerak ke depan, ke kiri, ke kanan dan memutar,” kata mas Bro.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT