ADVERTISEMENT

Bantah Adanya Kampanye LGBT, OSKM ITB Ganti Nama Kegiatan Orasi Pelangi

Rabu, 23 Agustus 2023 11:12 WIB

Share
Konferensi pers terkait OSKM ITB LGBT (itb.ac.id)
Konferensi pers terkait OSKM ITB LGBT (itb.ac.id)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kegiatan Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) yang dilakukan dalam bentuk Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa (OSKM) berbuntut panjang sebab adanya isu kampanye LGBT. Menanggapi hal tersebut, diadakan konferensi pers guna menepis dugaan OSKM ITB LGBT.

OSKM ITB LGBT ramai diperbicangkan oleh netizen di media sosial. Berawal dari kolom pengisian kuesioner dalam google form hingga kegiatan bernamakan Orasi Pelangi.

Melihat berita yang sudah beredar luas, pihak kampus pun akhirnya mengadakan konferensi pers untuk menjawab semua isu yang belakangan viral terkait OSKM ITB LGBT.

Berdasarkan penuturan Direktur Kemahasiswaan ITB Prasetyo Adhitama, ditegaskan olehnya bahwa Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) di Institut Teknologi Bandung (ITB) tidak ada sangkut pautnya dengan LGBT.

Begitu pun pada kegiatan Orasi Pelangi. Ia menjelaskan bahwa Pelangi dalam nama tersebut bukan mengacu pada LGBT, melainkan menggambarkan makna kebinekaan atau keragaman dari seluruh program studi yang ada di ITB.

Lebih lanjut, untuk memperkuat penepisan ini pun ia menambahkan bahwa Pelangi yang menjadi simbol itu telah ada sejak lama.

"Bahkan itu adalah tradisi yang sudah lama digunakan untuk menggambarkan keragaman, jauh sebelum pelangi menjadi simbol LGBT," jelasnya dalam konferensi pers yang diadakan di Gedung Rektorat ITB, dikutip Rabu, 23 Agustus 2023.

Untuk menghindari kisruh yang semakin memanas dan merespon tanggapan masyarakat, pihak ITB dan panitia OSKM mengaku akan segera melakukan evaluasi. Bahkan kini, nama kegiatan Orasi Pelangi telah diubah.

"Kami mengubah rundown nama kegiatannya menjadi Orasi Warna-Warni yang sebelumnya bernama Orasi Pelangi," sambungnya.

Sementara itu, Prasetyo kembali menegaskan terkait kuesioner gender yang diduga sebagai kampanye LGBT berisikan pilihan gender seperti non-biner. Ia menuturkan bahwa form tersebut dibuat oleh pihak mitra bukan dari ITB.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Mitha Aullia
Editor: Mitha Aullia
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT