ADVERTISEMENT

Toyota Luncurkan Seri Rumion, Mobil MVP Berbasis Suzuki Ertiga yang Dijual Seharga Rp 200 Jutaan

Senin, 21 Agustus 2023 09:44 WIB

Share
Toyota Rumion (lst)
Toyota Rumion (lst)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Belum lama ini, Toyota dikabarkan akan segera meluncurkan kendaraan minivan Rumion pada akhir Agustus 2023 dan telah membuka pre-order. Sumber dealer mengungkapkan bahwa ekspedisi Rumion akan dimulai pada akhir September mendatang. Model MPV ini juga rencananya akan dijual di pasar Afrika Selatan dengan spesifikasi serupa.

Berdasarkan seri kendaraan dari Suzuki Ertiga, Toyota Rumion merupakan model keempat yang dirancang di bawah merek antara dua produsen dan akan dibangun dan dipasok oleh Suzuki.

Dengan Rumion, Toyota diklaim akan memiliki portofolio minivan terbesar di Tanah Air, yang meliputi Innova Crysta, Innova Hycross, dan Vellfire. Seperti Maruti Baleno dan Toyota Glanza, Rumion juga akan memiliki gaya yang sedikit berbeda dari Ertiga.

Peluncuran seri Toyota Rumion kali ini akan memiliki tampilan bumper baru dengan rumah lampu kabut yang telah direvisi, gril mirip Innova Crysta, dan velg dua warna baru.

Dari segi interior, Toyota Rumion juga memiliki daftar fitur yang sama dengan Ertiga, yakni Konfigurasi 7 tempat duduk, layar sentuh 7 inci dengan Android Auto dan Apple CarPlay nirkabel, sistem audio Arkamys, dan AC otomatis.

Di bagian keselamatan, terdapat empat kantung udara, ABD dengan EBD, program stabilitas elektronik, dan pengingat sabuk pengaman untuk semua kursi.

Toyota Rumion dibekali oleh mesin bensin berukuran 1,5 liter, bertenaga 103 hp, 137 Nm yang mirip dengan Ertiga dan dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 6 percepatan.

Seri ini juga akan mendapat kit CNG yang dipasang pabrik dan menghasilkan 88 hp dan 121,5 Nm dalam mode CNG dan 101 hp dan 136 Nm dalam mode bensin. Toyota mengklaim bensin Rumion memiliki efisiensi bahan bakar hingga 20,51 KPL, sedangkan CNG menghasilkan 26,11 km/kg.

Saat peluncuran, Toyota Rumion dikatakan akan bersaing dengan Suzuki Ertiga, Suzuki XL6 dan Kia Carens. Toyota Rumion 2023 memiliki tiga pilihan model, yakni 1.5 S MT R 296.900 (Rp 238,2 juta), 1.5 SX MT R 331.600 (Rp 268,5 juta) dan yang lebih mahal R 351.700 (Rp 282,1 juta). 

Toyota Rumion hadir dengan 7 pilihan warna, diantaranya mystic pearl white, azure blue, seal grey metallic, autumn blaze red, shadow black pearl, premium liquid silver, dan cedar brown.

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT