Peduli Warga Nifasi, PT Kristalin Ekalestari Bedah Rumah dan Bagi Rumah Baru

Senin, 21 Agustus 2023 19:51 WIB

Share
Foto: Rumah warga Desa Nifasi, Distrik Makimi, Kabupaten Nabire, Papua Tengah, rumahnya akan direnovasi (bedah rumah) oleh PT Kristalin Ekalestari. (Ist.)
Foto: Rumah warga Desa Nifasi, Distrik Makimi, Kabupaten Nabire, Papua Tengah, rumahnya akan direnovasi (bedah rumah) oleh PT Kristalin Ekalestari. (Ist.)

PAPUA, POSKOTA.CO.ID – Bentuk Kepedulian dan perhatian masyarakat Desa Nifasi, Distrik Makimi, Kabupaten Nabire, Papua Tengah, perusahaan tambang emas PT Kristalin Ekalestari bangun 28 unit rumah warga yang belum memiliki rumah secara bertahap dan bedah lima rumah.

Humas PT Kristalin Ekalestari Maria Erari menuturkan pihaknya sebagai pentuk kepedulian dan membantu masyarakat Desa Nifasi dengan membangun 28 rumah baru untuk masyarakat yang belum memiliki rumah secara bertahap.

“Untuk pembangunan rumah kampung nifasi tidak terkecuali tetapi masyarakat keseluruhan dan prioritas masyarakat yang tidak punya rumah dan merenovasi (bedah rumah-red) tidak layak dihuni jadi layak huni oleh PT Kristalin Ekalestari,” ungkap Maria Erari dikonfirmasi Senin (21/8/2023).

Ia menambahkan sebanyak 28 rumah baru type 57 akan dibangun oleh perusahaan tambang emas milik anak negeri dengan spesifikasi bangunan rumah tapak full bangunan, dilengkapi dua kamar tidur dan kamar mandi.

Selain itu lanjut Maria, sekira lima rumah bangunan akan dilakukan renovasi (Bedah rumah) yang tidak layak huni terhadap masyarakat.  “Kami lakukan pendataan melibatkan masyarakat Desa Nifasi siapa saja yang belum memiliki rumah dan ditemukan tidak layak huni. Dari hasil pendataan kami ada klasifikasinya ada yang sudah keluarga, dan kedua masyarakat tidak mampu diprioritaskan,” ungkapnya.

“Rencana untuk pembangunan rumah baru satu rumah itu estimasi pembangunan sekitar 1 bulan prosesnya bertahap yaa,” sambung Maria. 

Kepala Suku Desa Nifasi Aser Monei mengatakan, sebagai kepala suku dan mewakili masyarakat di Desa Nifasi pihaknya sangat berterima kasih kepada PT Kristalin Ekalestari berkat kehadiran mereka masyarakat di Kampung Nifasi terbantu dari secara ekonomi. 

“Harapan masyarakat pihak PT Kristalin Ekalestari untuk tetap melanjutkan program-program baik dan kami Sepenuhnya bangga perusahaan telah membantu nyata di kehidupan kami terima kasih semoga tuhan yang membalas,” terang Aser Monei.

Ia juga menambahkan dari aspirasi warga, masyarakat Desa Nifasi membutuhkan bantuan bis sekolah dikarenakan para pelajar tingkat SMP, SMA dan SMK sangat jauh dari lokasi desa. 

“Mungkin pihak perusahaan bisa bantu kami bis anak-anak untuk sekolah karena dari Tingkat SMP dan SMA butuh tempuh jarak 10 kilometer dari kampung kami dan anak-anak bisa sekolah. Tetap semangat membantu kami,” imbuh kepala suku.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar