ADVERTISEMENT

Rajin Konsumsi Buah Plum Baik untuk Kesehatan Jantung? Begini Penjelasannya

Sabtu, 19 Agustus 2023 10:35 WIB

Share
Manfaat plum diketahui baik untuk kesehatan jantung (Foto: Verywellhealth)
Manfaat plum diketahui baik untuk kesehatan jantung (Foto: Verywellhealth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Berbagai macam buah-buahan pasti memiliki manfaatnya tersendiri yang dinilai baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu buah tersebut ialah plum. Simak penjelasan singkat di bawah ini yang membahas seputar plum dan kesehatan jantung.

Melansir laman Verywellhealth, diketahui bahwa plum merupakan buah yang kaya akan kandungan serat dan berfungsi membantu buang air besar menjadi lebih lancar. Bahkan sejumlah penelitian menunjukkan bahwa plum menawarkan lebih dark sekadar meredakan gejala sembelit.

Makan plum setiap hari dapat meningkatkan kadar kolesterol sekaligus mengurangi stres oksidatif dan peradangan, menurut dua studi baru yang dipresentasikan pada konferensi andalan American Dietetic Association pada bulan Juli.

Manfaat kesehatan kardiovaskular dari konsumsi plum jangka panjang telah diamati pada pria. Pada wanita yang lebih tua, konsumsi plum secara teratur tidak berdampak negatif pada ukuran metabolisme, seperti kadar kolesterol total, gula darah, dan insulin. 

“Kesimpulannya di sini adalah buah plum dapat mendukung kesehatan jantung. Tapi kami hanya berada di puncak gunung es untuk mempelajari hal ini, jadi kami harus menggali lebih dalam hasil ini dan berpotensi mereplikasinya," kata Andrea N. Giancoli, MPH, RD , ahli diet terdaftar dan penasihat nutrisi di California Prune Board, diceritakan dengan sangat baik, seperti dikutip Verywellhealth.

Studi lain yang diterbitkan pada tahun 2021 menemukan bahwa mengonsumsi 50 hingga 100 gram plum (sekitar 5 hingga 10 buah) setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Menurut Shirin Hooshmand, PhD, RD, profesor ilmu olahraga dan nutrisi di San Diego State University dan rekan penulis studi tersebut, penurunan kolesterol dan penanda peradangan mungkin disebabkan oleh peningkatan oksidasi tingkat antioksidan. 

Adapun dapat disimpulkan bahwa buah plum yang kaya akan serat memiliki kepadatan nutrisi yang baik untuk tubuh. Hal ini berlaku pada plum kering dibandingkan plum segar.

Selain itu, mengonsumsi plum sekitar lima sampai 10 dalam sehari dinilai bisa mendukung kesehatan jantung.

Nah demikian penjelasan singkat seputar hubungan plum dengan kesehatan jantung yang bisa kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Mitha Aullia
Editor: Mitha Aullia
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT