ADVERTISEMENT

Bersaing dengan Toyota Raize dan Nissan Magnite, KIA Sonet Hadir di Ajang Pameran GIIAS 2023

Sabtu, 19 Agustus 2023 10:10 WIB

Share
KIA Sonet (KIA)
KIA Sonet (KIA)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Meskipun KIA Sonet telah diluncurkan di Indonesia pada November 2020 lalu, namun mobil SUV satu ini baru pertama kali dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang digelar di ICE BSD, Tangerang.

KIA Sonet merupakan mobil small SUV dengan 5 tempat duduk yang dinilai dapat bersaing dengan model seperti Toyota Raize dan Nissan Magnite di Indonesia.

Dibangun di atas platform K2, KIA Sonet memiliki panjang 4.120 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.615 mm, dan jarak sumbu roda 2.500 mm. Untuk konteksnya, Perodua Ativa, mirip dengan Raize, memiliki panjang 4.065 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm, dan jarak sumbu roda 2.525 mm.

Di Indonesia sendiri, KIA Sonet hanya menawarkan satu mesin, yakni Smartstream Gamma II 4-silinder 1.5 liter naturally aspirated yang menghasilkan tenaga 115 tenaga kuda pada 6.300 rpm dan torsi 144 Nm pada 6.300 rpm dan 4.500 rpm.

KIA Sonet dihadirkan dengan mesin yang sama, yang digunakan di KIA Carens yang lebih besar, dengan transmisi ke roda depan melalui transmisi variabel cerdas (IVT), CVT versi Kia atau transmisi manual enam kecepatan.

KIA Sonet diluncurkan dengan enam varian yang tersedia, dimulai dengan MT standar dengan harga Rp 227,6 juta. Sonet dilengkapi dengan roda baja 16 inci, lampu depan halogen dan lampu belakang, tampilan kluster instrumen multi-info standar, roda kemudi urethane, jok berbahan kain, dua kantung udara, ABS, EBD, bantuan rem, sensor parkir belakang, head unit 3,8 inci dengan Bluetooth dan empat speaker.

Berikutnya ada versi Active MT dengan harga Rp 238,6 juta, yang menambahkan velg 16 inci, lampu depan halogen otomatis, lampu belakang LED, sistem infotainment layar sentuh 8 inci terintegrasi Android Auto dan Apple CarPlay, kamera pandangan belakang, plus dua tweeter untuk pengaturan enam speaker.

Lebih tinggi lagi, terdapat varian Smart yang dibangun di atas Active MT dengan melengkapi lampu depan LED otomatis, setir berbalut kulit, dukungan untuk hill start dan keyless entry dan start.

Smart dengan transmisi manual harga yang dibanderol Rp 278,8 juta, sedangkan dengan IVT harganya Rp 303 juta dan sudah termasuk start mesin jarak jauh.

Setelah Smart, Dynamic IVT dijual seharga Rp 320 juta, upgrade Active dengan jok kulit imitasi, layar multi-informasi 4,2 inci untuk pengemudi, charger nirkabel, sunroof elektrik, sistem pemantauan tekanan ban, dan cruise control pasif. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT