ADVERTISEMENT

Zulhas Optimis Elektabilitas PAN Lebih Baik Ketimbang Hasil Survei

Jumat, 18 Agustus 2023 21:32 WIB

Share
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) bersama putrinya saat bagi-bagi MinyaKita. (Foto: Ist).
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) bersama putrinya saat bagi-bagi MinyaKita. (Foto: Ist).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sangat yakin partainya bisa mendapatkan perolehan suara yang lebih baik ketimbang hasil survei. Terakhir dalam rilis survei Indikator, PAN meraih elektabilitas sebesar 4,3 persen.

"Kalau sekarang di survei 4-5 persen, saya kira hasilnya Insya Allah lebih baik," kata pria yang akrab disapa Zulhas dalam keterangannya, Jumat, (18/8/2023.

Sebab, menurutnya PAN kerap dianggap sebagai partai politik underdog berdasarkan beberapa hasil survei pada pemilu sebelumnya, namun hal tersebut pada akhirnya terbantahkan.

"Memang PAN sering underdog di survei, tapi kenyataannya selalu lolos ke Senayan. Sebelumnya PAN selalu disebut 1 atau 2 persen, tapi kenyataannya lolos dengan 7 persen perolehan suara dalam pemilu," ujarnya.

Dia mengatakan raihan hasil survei terkait elektabilitas PAN yang merupakan kerja keras semua kader-nya itu akan dijadikan acuan pula dalam membuat program kerja di pemilu mendatang.

"Semua kader bekerja keras, dari pusat sampai daerah. Saya yakin hasilnya akan maksimal. Survei-survei ini harus menjadi pemicu semangat dan sekaligus tantangan buat kader," ucapnya.

Berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia teranyar yang dilakukan pada 15-21 Juli, PDI Perjuangan menjadi partai politik dengan elektabilitas tertinggi sebesar 24,7 persen.

Kemudian secara berturut-turut disusul oleh Partai Gerindra (12,3 persen), Partai Golkar (10,7 persen), PKB (8,0 persen), Partai Demokrat (6,9 persen), PKS (5,3 persen), Partai NasDem (5,0 persen), PAN (4,3 persen), dan PPP (2,7 persen).

Survei dengan tajuk "Split-Ticket Voting dan Tren Elektabilitas Capres dan Partai Politik Jelang Pemilu 2024” itu dilakukan dengan populasi survei yang terdiri atas warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling yang diikuti sebanyak 1.811 responden. Wawancara dilakukan secara tatap muka, dengan margin of error sekitar kurang lebih 2,35 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

ADVERTISEMENT

Reporter: Wanto
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT