ADVERTISEMENT

Terkait Balita yang Kritis Karena Salah Kasih Susu, Ini yang Dilakukan RSAB

Jumat, 18 Agustus 2023 18:08 WIB

Share
Humas RSAB Harapan Kita, Nia Kurniati. (Pandi)
Humas RSAB Harapan Kita, Nia Kurniati. (Pandi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita masih berjuang menangani balita bernama Lanala Ayudias Halim yang masih terbaring di ICU karena sakit masalah usus yang diderita.

Humas RSAB Harapan Kita, Nia Kurniati mengatakan jika tim medis masih berjuang merawat balita malang itu hingga sembuh. Namun ia memastikan jika kondisi sang pasien sudah semakin membaik.

"Kalau kaitan dengan itu mungkin nanti akan dijelaskan lebih lanjut oleh tim medis kami ya, karena sampai saat ini, tadi pagi kami lihat bahwa kondisinya (pasien) sudah mulai perkembangannya sudah ada mengarah ke membaik," ujarnya kepada wartawan, Jumat (18/8/2023).

Dijelaskannya, Lanala merupakan pasien ysng lahir di Rumah Sakit lain. Sejak lahir Lanala sudah didiagnosa mengidap kelainan pada ususnya. Balita perempuan itu sempat dirawat di Rumah Sakit Pelni sebelumnya akhirnya dirujuk.

Nia menuturkan jika pasien sebelumnya telah dilakukan operasi pada bagian usus di rumah sakit lain. Operasi tersebut, kata dia, menyebabkan kondisi usus Lanala pendek.

Maka dari itu, rencananya RSAB akan melakukan perbaikan pada fungsi usus. Pihak RSAB tidak akan melakukan operasi pada pasien, sebab akan membahayakan kondisi pasien.

"Tapi ada yang namanya refeeding, yaitu feses yang keluar ini ditampung selama tiga jam, kemudian yang cairnya diambil kembali, dimasukkan kembali. Harapannya adalah cairan elektrolit dan lain-lain bisa terserap. Karena jika itu tidak terserap maka akan mengganggu kondisi kesehatan gizi segala itu terganggu," katanya.

Lebih jauh, Nia menuturkan jika ada beberapa dokter spesialis yang menangani Lanala, diantaranya dokter bedah anak, dokter metabolik dan nutrisi, dokter sub spesialis infeksi, hingga tim ICU.

"Tim medis ini berkolaborasi bagaimana kita mengupayakan agar pasien ini perawatannya berjalan baik," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Ibu rumah tangga bernama Chintia (29) masih berharap anaknya, Lanala Ayudias Halim yang masih terbaring lemah di rumah sakit karena mengalami penyumbatan usus dan kelainan hati sejak lahir bisa lekas pulih dan bermain.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Pandi Ramedhan
Editor: Fernando Toga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT