ADVERTISEMENT

KIA Carens Mejeng di Pameran GIIAS 2023, Harganya Dibanderol Rp 400 Jutaan

Jumat, 18 Agustus 2023 15:18 WIB

Share
KIA Carens (KIA)
KIA Carens (KIA)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Resmi diluncurkan di Indonesia pada Agustus tahun lalu, Kia Carens belum lama ini dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Minivan tiga baris bergaya SUV tersebut dibangun di atas platform Seltos versi tambahan dan bersaing dengan Honda BR-V, Toyota Veloz, dan Mitsubishi Xpander.

Dengan panjang 4.540 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.700 mm, dan jarak sumbu roda 2.780 mm, KIA Carens dibekali dengan dua mesin. Yang pertama adalah mesin 4 silinder Smartstream Gamma II 1.5 liter naturally aspirated yang menghasilkan 115 tenaga kuda pada 6.300 rpm dan torsi 144 Nm pada 4.500 rpm. Hal tersebut menggerakkan roda depan melalui Intelligent Variable Transmission (IVT), yang merupakan CVT KIA.

Sedangkan pilihan kedua adalah mesin Kappa 4-silinder, turbocharged, 1.4-liter, menghasilkan 140 tenaga kuda pada 6.000 rpm dan torsi 242 Nm dari 1.500-3.200 rpm yang dipadukan dengan transmisi dual-clutch 7-percepatan. Pemilih mode berkendara KIA Carens tersedia dengan tiga opsi, yakni Sport, Eco, dan Normal, yang disertakan dengan kedua mesin.

KIA Carens diketahui hanya ditawarkan dalam satu tingkat yang disebut Premiere, namun terdapat perbedaan konfigurasi tempat duduk. Dengan mesin 1.5MPI, konsumen bisa mendapatkan MPV enam kursi (layout 2-2-2) atau tujuh kursi (layout 2-3-2), sedangkan versi 1.4T dikirimkan hanya dengan enam kursi. 

Kelas Premiere mencakup velg 16 inci (dengan ban 205/65), lampu depan LED multi-refleks, lampu LED siang hari, lampu kabut LED, lampu belakang LED, kaca spion samping lipat, dan power sunroof standar.

Dalam segi interior, KIA Carens mendapatkan kursi depan berventilasi, jok kulit imitasi, lampu sesuai suasana, pelindung matahari baris kedua, layar cluster Monitor LCD TFT 4,2 inci, sistem infotainment layar sentuh 8 inci (dengan Apple CarPlay dan nirkabel Android Auto), speaker Bose Premium Sound System, AC otomatis (dengan ventilasi untuk baris kedua dan ketiga; kontrol manual untuk kursi belakang) dan pengisian daya nirkabel Qi.

Pembulatan daftar kit merupakan keyless entry dan engine start, remote engine start, passive cruise control, enam airbag ESC, ABS, EBD, brake assit, hill start assist, downhill brake control, sistem pemantauan tekanan ban depan dan belakang, serta sensor parkir. Namun sayangnya, KIA Carens tidak dilengkapi dengan sistem bantuan pengemudi canggih seperti AEB.

Seri Carens hadir dengan garansi 7 tahun dan 6 pilihan warna, termasuk Intense Red, Glacier White Pearl, Aurora Black Pearl, Sparkling Silver, Moss Brown dan Gravity Grey. 

Mengenai harga, untuk varian KIA Carens Premiere 1.4T (6 kursi) dijual dengan harga Rp 467 juta, sementara Premiere 1.5MPI dijual dengan harga Rp 414,6 juta untuk model enam kursi, atau 407,6 juta untuk model tujuh tempat duduk. 

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT