ADVERTISEMENT

Mengenal Masalah Kesehatan Mulut Sariawan, Begini Penyebab dan Cara Mencegahnya

Selasa, 15 Agustus 2023 10:29 WIB

Share
Potret orang sedang sariawan (pexels/Andrea Piacquadio)
Potret orang sedang sariawan (pexels/Andrea Piacquadio)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Salah satu gejala pada mulut yang biasa dialami oleh banyak orang adalah sariawan. Kondisi ini kerap mengantarkan rasa sakit dan ngilu di bagian mulut yang membuat aktivitas bisa jadi terganggu. Lantas, apa penyebab sariawan dan bagaimana mengatasinya? Simak di bawah ini.

Melansir laman Verywellhealth, dijelaskan bahwa sariawan merupakan luka kuning atau putih yang menyakitkan di dalam mulut. Gejala ini biasa terbentuk di bagian dalam pipi, bibir, bahkan lidah. Sariawan sendiri bisa dirasakan oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Sementara itu penyebab pasti dari sariawan tidak diketahui secara pasti, namun para ahli berpikir bahwa hal tersebut terjadi karena faktor genetika, merokok, cedera, stres, alergi makanan, dan kekurangan vitamin B12 dan asam folat.

Sariawan bukanlah penyakit yang menular karena ini penyakit umum yang biasa dialami oleh banyak orang. 

Bagi sebagian orang, sariawan dikaitkan dengan kekurangan nutrisi, itulah sebabnya suplementasi B12 dapat membantu pencegahan. Sebagian lagi menyebut bahwa luka dari sariawan terjadi karena virus atau bakteri yang dikaitkan pula dengan alergi makanan.

Seperti yang disebutkan di atas, vitamin B12 kerap dinilai sebagai obat efektif mencegah dan mengatasi sariawan. Meski begitu, hubungan antara keduanya belum diketahui secara pasti.

Vitamin B yang dimaksud dalam kasus ini adalah vitamin B12 yakni sumber nutrisi utama yang dibutuhkan tubuh untuk reproduksi sel darah serta melindungi sistem saraf dari masalah kesehatan lainnya.

Kamu bisa mendapatkan vitamin B12 dari makanan maupun suplemen. Kekurangan vitamin ini biasa terjadi karena beberapa hal di antaranya masalah gangguan pencernaan, diet vegan ketat, minum banyak alkohol, hingga obat-obatan tertentu.

Sariawan ringan biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu satu hingga dua minggu tanpa perlu pengobatan khusus. Adapun, mencegah sariawan bisa dimulai dengan mengetahui apa penyebab mereka muncul.

Beberapa tips yang bisa kamu lakukan guna mencegah sariawan di antaranya seperti:

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Mitha Aullia
Editor: Mitha Aullia
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT