ADVERTISEMENT

4 Tips untuk Meningkatkan Konsentrasi, Jadi Lebih Fokus!

Senin, 14 Agustus 2023 15:49 WIB

Share
Potret seseorang yang hilang fokus saat bekerja (Foto: Healthline)
Potret seseorang yang hilang fokus saat bekerja (Foto: Healthline)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sesuatu yang terdengar mudah dilakukan padahal sulit saat menerapkannya ialah tetap fokus. Kamu pasti pernah berada dalam kondisi mencoba fokus pada tugas atau pekerjaan, namun tetap terdistraksi dan berakhir pecah fokus. Lantas bagaimana mengatasinya?

Melansir laman Healthline, dijelaskan beberapa penyebab yang mendasari kamu kesulitan untuk fokus terhadap sesuatu antrara lain, sedang stres, dalam kondisi lapar, merasa cemas atau khawarir, kurang tidur, dan terganggu oleh beberapa hal di lingkungan.

Adapun, dalam mengelola penyebab di atas bukan lah sesuatu yang mudah. Kebanyakan orang masih sering kali merasa kesulitan dalam mengatasinya. Nah, bagaimana mengatasi keadaan tersebut? Simak penjelasan di bawah ini melansir laman Healthline.

1. Kunci sosial media

Sosial media merupakan pengaruh paling besar yang membuat setiap orang kesulitan untuk tetap berada dalam keadaan fokus saat sedang bekerja atau mengerjakan tugas. Jauhkan keinginan memerika sosial media bahkan lima menit ketik beristirahat. 

Begitupun dengan perangkat yang kamu gunakan untuk bekerja, jauhkan media sosial di dalamnya. Jangan sertakan aplikasi game online, Youtube, Netflix, hingga Twitter di komputer kamu untuk menghindari keinginan membukanya.

2. Tidur yang cukup

Bukan rahasia lagi bahwa mayoritas orang yang sibuk dengan pekerjaannya akan mengalami kurang tidur. Meskipun kamu bisa tidur setidaknya beberapa malam, tidak cukup tidur hampir setiap malam dalam seminggu dapat berdampak negatif pada ingatan jangka pendek dan jangka panjang serta kemampuan kamu untuk fokus.

Jumlah tidur yang disarankan untuk orang dewasa berusia 18-60 tahun adalah tujuh hingga delapan jam atau lebih per malam. Orang lanjut usia mungkin membutuhkan hingga sembilan jam per malam. 

3. Pola makan sehat

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Mitha Aullia
Editor: Mitha Aullia
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT