ADVERTISEMENT

3 Manfaat Mematikan Lampu saat Tidur, Baik untuk Kesehatan!

Senin, 14 Agustus 2023 15:03 WIB

Share
Potret tidur dengan keadaan lampu mati (pexels.com/ist)
Potret tidur dengan keadaan lampu mati (pexels.com/ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Tidur merupakan kebutuhan yang wajib untuk setiap orang. Pada umunya, baik orang dewasa bahkan anak kecil membutuhkan tidur yang cukup guna menjaga tubuh tetap sehat dan prima.

Untuk orang dewasa sendiri, diketahui bahwa membutuhkan setidaknya delapan jam setiap harinya untuk tidur di malam hari. Sayangnya, masih banyak orang yang mengalami gangguan tidur dan menyebabkan mereka tidak mendapatkan tidur yang cukup.

Adapun solusi guna mencapai tidur yang berkualitas salah satunya adalah menjaga ruangan tetap dalam keadaan gelap. Bahkan menurut pakar tidur, kondisi gelap bisa membantu kamu merangsang produksi hormon yang membuat tidur lebih cepat.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh saat tidur dalam keadaan lampu yang mati alias gelap. Ada apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Meningkatkan kesehatan mental

Mungkin jarang diketahui, tetapi tidur dalam ruangan yang gelap juga bisa meningkatkan fokus mental kamu, lho. Hal ini pula yang mendukung kamu mendapatkan tidur yang berkualitas. 

Tidur dalam keadaan gelap mampu memastikan menyelesaikan semua siklus tidur hingga meningkatkan fokus mental. Kondisi ini juga membantu bagi para penderita penyakit kesehatan seperti stres, cemas, maupun depresi.

2. Mengurangi risiko diabetes

Selanjutnya, sebuah penelitian di sekolah Kedokteran Universitas Northwestern Feinberg mengungkapkan bahwa tidur dengan kondisi gelap dapat mengurangi peluang terkena diabetes tipe 2. Hal tersebut disebabkan karena cahaya yang kamu dapati ketik tidur bisa membuat resistensi insulin yang meningkatkan peluang penyakit tersebut.

Maka dari itu, sangat direkomendasikan agar kamu tidur di ruangan yang gelap. Karena penyakit diabetes bukan lah sesuatu yang remeh.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Mitha Aullia
Editor: Mitha Aullia
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT