ADVERTISEMENT

Kenali 3 Faktor yang Memengaruhi Penurunan Berat Badan, Apa Saja?

Minggu, 13 Agustus 2023 15:26 WIB

Share
Faktor yang menurunkan berat badan (Foto: Healthline)
Faktor yang menurunkan berat badan (Foto: Healthline)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Untuk menetapkan ekspektasi yang realistis tentang penurunan berat badan, kamu perlu lebih dahulu mengetahui bagaimana tahapan atau cara yang sehat dalam hal tersebut.

Tentukan pula tujuan kamu menurunkan berat badan seperti sekadar meningkatkan kesehatan atau khusus untuk sesuatu. Dengan begitu, proses penurunan berat badan akan lebih lancar karena mengetahui apa yang diinginkan.

Penuruan berat badan pun juga didukung oleh beberapa faktor di belakangnya. Melansir laman heathline, akan dijelaskan apa saja faktor yang memengaruhi proses berat badan turun serta waktu yang diperlukan.

Berikut adalah faktor yang mendukung berat badan turun seperti dilansir Healthline. 

1. Jenis kelamin

Rasio lemak-ke-otot sangat memengaruhi kemampuan kamu untuk menurunkan berat badan. Karena wanita umumnya memiliki rasio lemak-otot yang lebih tinggi daripada pria, mereka memiliki  5-10% lebih rendah daripada pria dengan tinggi yang sama. 

Ini berarti wanita biasanya membakar kalori 5-10% lebih sedikit daripada pria saat istirahat. Dengan demikian, pria cenderung menurunkan berat badan lebih cepat daripada wanita saat berdiet dengan jumlah kalori yang sama.

Namun, sementara pria cenderung menurunkan berat badan lebih cepat daripada wanita, penelitian tersebut tidak menganalisis perbedaan berbasis gender dalam kemampuan mempertahankan penurunan berat badan. 

2. Usia

Salah satu dari sekian banyak perubahan tubuh yang terjadi seiring bertambahnya usia adalah perubahan komposisi tubuh – peningkatan massa lemak dan penurunan massa otot.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Mitha Aullia
Editor: Mitha Aullia
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT