ADVERTISEMENT

Erick Thohir Cawapres Punya Daya Ungkit Elektabilitas Capres Sangat Kuat

Sabtu, 12 Agustus 2023 14:26 WIB

Share
Erick Thohir cawapres punya daya ungkit elektabilitas capres. (Instagram/@erickthohir)
Erick Thohir cawapres punya daya ungkit elektabilitas capres. (Instagram/@erickthohir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,POSKOTA.CO.ID - Menteri BUMN Erick Thohir menjadi figur calon wakil presiden (cawapres) yang dibutuhkan oleh para calon presiden (capres). Kehadiran Erick Thohir di posisi cawapres dinilai mampu menambah daya elektabilitas capres sehingga semakin memperbesar peluang kemenangan pada Pilpres 2024 mendatang. 

"Dia (Erick Thohir) jugalah yang kemungkinan akan mungkin bisa memikili daya ungkit elektabilitas," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno.

Dia mengatakan, sosok Erick Thohir semakin banyak disukai masyarakat berkat karakteristik kepemimpinannya. Hal itu terlihat dari tingkat elwktabilitas yang terus melonjak puncaki posisi teratas. 

Bila merujuk pada hasil temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1-8 Juli 2023, nama Erick Thohir kokoh di posisi pertama pada simulasi tujuh nama cawapres. Angka elektabilitas Erick Thohir mencapai 21,2 persen.

Untuk itu, lanjut dia, tidak mengherankan bila Erick Thohir mampu memantik perhatian dari semua kalangan, termasuk calon presiden (capres) unggulan. Sosoknya dinilai mampu membawa berkah elektoral yang memperbesar peluang kemenangan pada Pilpres mendatang. 

Dia berpandangan bahwa Erick Thohir merupakan sosok cawapres yang potensial mendapat banyak respons positif besar dari semua kalangan masyarakat. Sehingga semakin menjadi idaman bagi kandidat capres pilihan. 

"Karena orang pastinya akan melihat siapa yang elektabilitasnya tinggi pada posisi cawapres," ungkapnya.

Misalnya saja jika melihat pada hasil simulasi tiga pasangan capres-cawapres LSI kehadiran Anggota Kehormatan Banser Nahdlatul Ulama (NU) itu membawa dampak positif besar. Terutama saat dipasangkan dengan capres Partai Gerindra Prabowo Subianto.
 
Duet Prabowo-Erick Thohir ini berhasil menang dengan mampu mengumpulkan  torehan suara sebanyak 34,8 persen. Tentu mengungguli pasangan Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno yang hanya mendapat angka 34,0 persen.

ADVERTISEMENT

Reporter: Kamila Sayara Avicena
Editor: Kamila Sayara Avicena
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT