ADVERTISEMENT

Sinead O'Connor Tutup Usia dan Gelar Pemakaman Secara Islam, Presiden hingga Perdana Menteri Irlandia Beri Penghormatan Terakhir

Kamis, 10 Agustus 2023 10:18 WIB

Share
Sinead O'Connor meninggal dunia (lst)
Sinead O'Connor meninggal dunia (lst)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Penyanyi sekaligus penulis lagu asal Irlandia, Sinead O'Connor dikabarkan telah menghembuskan napas terakhirnya pada 26 Juli 2023 lalu di kediamannya, London, Inggris.

Sinead O'Connor diketahui meninggal dunia di usianya yang ke 56 tahun. Pelantun Drink Before the War itu baru saja dimakamkan secara agama Islam pada Selasa, 8 Agustus 2023 kemarin.

Ribuan orang serta musisi papan atas seperti Irlandia Bono dan Bob Geldof pun turut berperan dalam upacara kematian Sinead O'Connor saat melakukan proses iring-iringan di kampung halaman sang mendiang di Bray, yang letaknya 20 kilometer dari ibu kota negara Dublin.

Suara tangisan para penggemar serta kerabat Shuhada' Sadaqat atau yang saat ini dikenal dengan Sinead O'Connor pun pecah saat peti mati penyanyi itu menyusui jalanan Bray, tempat ia tinggal selam 15 tahun lamanya sebelum akhirnya tutup usia.

Mobil jenazah Sinead juga sempat berhenti di depan rumah yang dulunya pernah ia tinggali, sehingga para pelayat pun dapat memberikan penghormatan terakhirnya ke Sinead.

Diketahui, proses pemakaman musisi kelahiran 8 Desember 1966 itu dipimpin oleh Umar Al-Qadri, sosok cendekiawan Islam serta kepala imama di Pusat Islam Irlandia.

"Berbakat dengan suara yang menggerakan generasi anak muda, dia bisa membuat para pendengar menangis dengan resonasi dunia lain," ujar Umar Al-Qadri dalam ceramahnya ketika melepas jenazah Sinead O'Connor.

Tak hanya kerabat musisi yang hadir dalam proses pemakaman, Presiden Irlandia, Michael Higgin dan sang istri Sabina juga turut hadir. Perdana Menteri Leo Varadkar pun terlihat di penghormatan terakhir Sinead.

"Curahan kesedihan dan penghargaan atas kehidupan dan karya Sinead O'Connor menunjukkan dampak mendalam yang dia berikan kepada orang-orang Irlandia," ungkap Michael Higgins.

"Kontribusi unik Sinead melibatkan pengalaman kerentanan besar yang digabungkan dengan tingkat kreativitas yang luar biasa dan dipilihnya untuk disampaikan melalui suara, musik, dan lagu-lagu," sambungnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT