ADVERTISEMENT

Honda City Facelift Terbaru Memulai Debutnya di Malaysia dengan Varian Hybrid dan Non Hybrid

Kamis, 10 Agustus 2023 11:14 WIB

Share
Honda City Facelift (lst)
Honda City Facelift (lst)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Honda City facelift baru memulai debutnya di Malaysia hari ini, membawa sejumlah modifikasi gaya dan peralatan pada kendaraannya. Seperti sebelumnya, lima varian sedan segmen B akan ditawarkan, satu dengan powertrain hybrid sedangkan yang lainnya non-hybrid.

Untuk varian non-hybrid sendiri Honda menyediakan varian S, E, V dan RS baru, yang terakhir menggantikan V-Sensing lama, sedangkan satu-satunya pilihan hybrid adalah e:HEV RS.

Versi Honda City Facelift non-hybrid dibekali oleh mesin DOHC i-VTEC inline 4-silinder, naturally aspirated, berkapasitas 1,5 liter, menghasilkan tenaga 121 PS (119 hp atau 89 kW) pada 6.600 rpm/menit dan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm, penggerak roda depan melalui CVT.

Sementara itu, Honda e:HEV RS menampilkan sistem Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD) yang sama seperti sebelumnya. Alhasil, roda depan digerakkan oleh motor listrik yang menghasilkan tenaga 109 PS (107 hp atau 80 kW) dan torsi 253 Nm. Tenaga untuk motor listrik disediakan oleh paket baterai lithium-ion yang diisi oleh motor listrik kedua yang terhubung ke mesin empat silinder DOHC i-VTEC 1.5 liter aspirasi alami Program Atkinson.

Pabrik bensin hibrida ini menghasilkan tenaga 98 PS (97 hp atau 72 kW) dan torsi 127 Nm, dan meskipun berfungsi terutama sebagai generator, ia dapat dioperasikan melalui gearbox kecepatan tunggal bernama E-CVT untuk menyediakan penggerak langsung ke roda pada kecepatan yang lebih tinggi dengan cara yang paling efisien.

Perlu dicatat bahwa varian RS non-hybrid dilengkapi dengan rem cakram belakang, yang tidak ada pada V-Sensing sebelumnya. Rem tangan elektronik masih eksklusif untuk e:HEV RS, dengan varian lain menerima rem tangan konvensional sebagai gantinya.

Sebagai bagian dari facelift, gril City menampilkan bilah krom yang lebih dipoles di tepi atas, serta detail yang direvisi dengan bilah hitam. Bumper depan juga terlihat baru dengan potongan yang dibentuk ulang untuk penutup lampu kabut dan intake udara bawah yang didesain ulang dengan sisipan yang sama dengan gril utama.

Untuk model RS, bilah krom dicat hitam dan gril dimasukkan ke dalam kisi sarang lebah. Asupan udara yang lebih rendah juga berbeda karena memiliki jaring pola berlian yang dikelilingi oleh asupan udara simulasi dekoratif tambahan. Model RS juga hadir dengan fitur seperti diffuser belakang, spoiler bagasi, side skirt, dan logo 'RS' yang sedikit baru.

Dengan bagian depan dan belakang baru, seri Honda City secara keseluruhan sedikit lebih panjang dari model pra-facelift. Model non-RS sekarang memiliki panjang 4.580mm (+27mm), sedangkan model RS memiliki panjang 4.589mm (+36mm), tetapi lebar 1.748mm, tinggi 1.467mm dan lebar 1.467mm, basis 2.600 mm tidak berubah. Demikian pula, mobil non-hybrid yang masih mempertahankan kapasitas bagasi 519 liter, dengan opsi hybrid menawarkan 410 liter. 

Meski tampilan eksteriornya sangat berbeda dari sebelumnya, interior seri kali ini sebagian besar tetap akrab dengan desain dasbor yang tidak berubah. Varian S dan E masih hadir dengan roda kemudi urethane dan tuas perpindahan gigi, serta pelapis berbahan kain, sedangkan model V dan RS mendapatkan trim kulit.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT