ADVERTISEMENT

KIA Akan Segera Meluncurkan Seri EV9 dengan Baterai Berkapasitas 99,8 kWh di Malaysia, Di Indonesia Sudah Siap Mengaspal?

Senin, 7 Agustus 2023 15:30 WIB

Share
KIA EV9 (lst)
KIA EV9 (lst)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Produsen mobil KIA kini terus memperluas jangkauan kendaraan listriknya di pasar otomotif. Menurut akun Instagram milik Route Hunters, KIA Malaysia kemungkinan juga akan menambah lebih banyak model mobil listriknya dengan kedatangan KIA EV9 di Glenmarie, Selangor. 

Hal tersebut tampaknya dipasok oleh KIA Malaysia sendiri, seperti yang ditunjukkan oleh selembar kertas dengan tulisan "KIA Malaysia Sdn Bhd" yang ditempel di bagian belakang kendaraan.

Resmi diperkenalkan pertama kali pada Maret tahun ini, EV9 merupakan kendaraan SUV bertenaga baterai dengan tiga baris yang dapat menampung 6-7 jok, dengan jok baris kedua berputar 180 derajat menghadap penumpang di barisan ketiga.

Varian tersebut merupakan salah satu dari empat pilihan tempat duduk yang nantinya akan tersedia untuk baris kedua, dengan varian lain seperti bangku tiga tempat duduk, tempat duduk dasar dan kursi santai. Waktu akan menentukan mana yang akan datang ke pasar Malaysia.

Berdasarkan arsitektur E-GMP (Electric Global Modular Platform) yang juga mendasari EV6, EV-lah yang memimpin merek dan memiliki ukuran yang tepat, dengan tinggi 5.010 mm, lebar 1.980 mm, dan tinggi 5.010 mm, serta jarak sumbu roda 3.100mm. Khususnya, jarak sumbu rodanya lebih panjang 200mm dari KIA Telluride untuk pasar AS.

Koefisien drag 0,28 diklaim untuk EV9, yang mengesankan mengingat ukuran dan gaya tegaknya dan sifat aerodinamisnya dicapai melalui penggunaan kelongsong bagian bawah bodi mobil 3D pertama KIA, dengan bentuk cembung di bagian depan dan bentuk cekung di bagian belakang, serta roda aerodinamis dan kaca depan terintegrasi ke dalam bumper depan.

Eksterior EV9 memperlihatkan penggunaan kamera eksternal yang menggantikan kaca spion konvensional. Pengadopsiannya di pasar Malaysia belum dilisensikan, seperti model elektrik Korea lainnya, Hyundai Ioniq 6 diluncurkan secara lokal dengan cermin biasa alih-alih pengaturan umpan kamera langsung, yang ditawarkan di pasar lain.

Mulai Maret, KIA EV9 akan ditawarkan dalam tiga varian, diantaranya RWD Standard, RWD Long Range, dan AWD. RWD standar berfungsi sebagai varian dasar dengan baterai 76,1 kWh, sedangkan dua varian lainnya memiliki baterai 99,8 kWh yang lebih besar.

RWD Long Range menawarkan jangkauan hingga 541 km dengan sekali pengisian daya dalam uji WLTP standar, dan dibangun di atas arsitektur listrik 800 volt, EV9 dapat diisi ulang untuk jarak 239 km dalam waktu sekitar 15 menit.

EV9 juga dapat menyediakan listrik sebagai alternatif, dengan instalasi kendaraan yang dapat diisi ulang (V2L) yang mengirimkan hingga 3,68 kW ke perangkat seperti laptop atau peralatan berkemah.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT