ADVERTISEMENT

Honda Luncurkan Motor Balap CBR 600RR 2024, Rilis Lewat Ajang Balapan Suzuka 8 Hours

Senin, 7 Agustus 2023 16:00 WIB

Share
Honda CBR 600RR 2024 (lst)
Honda CBR 600RR 2024 (lst)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pada ajang balapan Suzuka 8 Hours akhir pekan lalu, momen istimewa dimanfaatkan oleh pabrikan otomotif Honda untuk meluncurkan produk barunya, New Honda CBR 600RR, replika dari motorsport yan nantinya akan menjadi versi terakhir yang diperbarui.

Pada prinsipnya, New Honda CBR 600RR 2024 akan mendapatkan pembaruan yang sama dengan versi sebelumnya. Dengan pembaruan terbaru di tahun 2021, jantungnya ada di blok mesin baru 4 silinder, 599cc, 4 langkah, DOHC, 4 katup per silinder, berpendingin cairan. 

Tak hanya itu, ada juga perubahan pada throttle body yang lebih besar dan sistem ECU untuk membantu menghemat bahan bakar, serta 3 mode berkendara untuk membantu menghasilkan tenaga maksimal 121 tenaga kuda (PS) pada 14.000 rpm dan torsi maksimal 64 Nm pada 11.500 rpm. 

Selain tiga mode berkendara yang ditetapkan sebagai standar, Honda juga menawarkan dua mode berkendara yang dapat disesuaikan oleh penggunanya, yakni sistem Kontrol Traksi yang dapat disesuaikan secara detail hingga 9 level, termasuk kemampuan untuk menonaktifkannya. Ada juga 3 level kontrol engine brake, 3 level kontrol Wheelie, yang semuanya dapat dinonaktifkan secara mandiri.

Meski sudah diluncurkan dan diperlihatkan di Suzuka 8 Hours, pihak pabrikan tidak membeberkan detail apapun mengenai peluncuran motor tersebut mengenai update model baru.

Namun, yang terlihat adalah perbedaan antara versi baru dengan versi sebelumnya, jelas bahwa sistem pembuangan telah berubah secara signifikan. Pipa knalpot akan lebih besar ukuran dan ketebalannya.

Oleh karena itu, ada kemungkinan kendaraan tersebut akan dibuat untuk memenuhi persyaratan peraturan emisi baru yang diperkenalkan di Jepang yang mungkin memiliki kesempatan untuk lulus standar EURO5 untuk distribusi di kawasan Eropa

Terkait harga jual CBR 600RR 2024, pihak dari Honda sendiri sampai saat ini belum membeberkan secara resmi mengenai informasi rinciannya secara lengkap.

Namun, menurut media roda dua di Jepang, harga motor tersebut diperkirakan mulai dipasarkan dengan harga 1,8 juta yen atau sekitar Rp 192.094.074,72 dalam mata uang Indonesia.

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT