ADVERTISEMENT

Bagaimana Posisi Tidur yang Baik Sesuai Kesehatan Tubuh? Berikut Penjelasan Manfaatnya

Kamis, 3 Agustus 2023 06:32 WIB

Share
Potret posisi tidur yang sehat (Ist)
Potret posisi tidur yang sehat (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Usai lelah beraktivitas seharian, tubuhmu tentu memerlukan tidur yang cukup. Namun, kamu juga perlu menerapkan posisi tidur yang benar agar bisa terlelap dengan nyenyak dan baik bagi kesehatan.

Jarang diketahui, posisi tidur ternyata bisa memengaruhi kesehatan tubuh, lho. Maka dari itu, kamu harus mulai menerapkan posisi yang benar agar kesehatan tetap terjaga.

Posisi tidur yang baik akan membuat kualitas tidur semakin baik. Adapun, posisi tidur juga berbeda-beda pda setiap orang, tergantung dari kondisi kesehatan yang mereka alami.

Lantas, bagaimana cara menyesuaikan posisi tidur yang baik untuk kesehatan? Simak di bawah ini dan coba terapkan.

1. Menyamping

Posisi tidur menyamping disebut sebagai posisi yang paling sering dilakukan oleh banyak orang dan menjadikannya tipe kesukaan. Melalui posisi satu ini, disebut bahwa dapat mengoptimalkan pembuangan limbah dari otak serta menurunkan risiko terjadinya penyakit alzheimer dan parkinson.

Tidur dengan posisi menyamping pun sangat dianjurkan bagi penderita asam lambung hingga ibu yang baru saja melahirkan. Meseki begitu, menyamping juga bisa menimbulkan dampak yakni payudara wanita yang mengendur dan membatasi pernapasan melalui diagframa.

2. Telentang

Telentang merupakan posisi tidur yang benar dan sesuai untuk kesehatan. Lewat posisi ini, bagian kepala, leher, dan tulang belakang akan berada dalam posisi yang sejajar sehingga tidak adanya tekanan esktra pada tubuh.

Posisi telentang juga melindungi tulang belakang dari rasa nyeri dan sakit tertentu. Selain itu, telentang pun bisa mencegah penyakit seperti asam lambung dengan posisi bantal yang digunakan dengan baik. Namun, posisi ini sangat tidak dianjurkan bagi kamu yang miliki kebiaan mendengkur.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Mitha Aullia
Editor: Mitha Aullia
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT