ADVERTISEMENT

Kabar Baik, Mitsubishi eK X EV yang Dipamerkan di GIIAS 2023 Akan Dijual di Pasar Indonesia

Rabu, 2 Agustus 2023 05:56 WIB

Share
Mitsubishi eK X EV (lst)
Mitsubishi eK X EV (lst)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Mitsubishi Motors telah mengumumkan bahwa Kei-Car all-electric, eK X EV, yang saat ini hanya dijual di pasar Jepang, akan dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada 10 Oktober mendatang dengan penampilan pertama di luar Jepang sebelum dijadwalkan diproduksi dan dijual di Indonesia.

Namun, Mitsubishi belum menentukan kapan mulai memproduksi eK X dan kapan akan menjualnya di pasar Indonesia. Namun, brand tiga berlian tersebut sebelumnya telah memastikan bahwa mobil van listrik komersial Minicab MiEV akan diproduksi di pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Jawa Barat mulai tahun depan.

Sedangkan untuk Mitsubishi eK X EV pertama kali diluncurkan di Jepang pada Mei lalu. Mobil listrik tersebut terlihat seperti varian bensin eK X (X disebut sebagai 'cross'), yang merupakan versi gaya SUV dari eK Wagon biasa.

Model ini dilengkapi dengan motor listrik MM48 yang menghasilkan daya listrik sebesar 64 kW (63 kW atau 47 kW), yang merupakan daya maksimum yang diizinkan berdasarkan hukum Kei-Car Jepang, seperti model berbahan bakar bensin lainnya.

Namun, mesin menghasilkan tenaga listrik 195Nm yang relatif tinggi (dibandingkan dengan hanya 100Nm pada eK X Hybrid dengan mesin 660cc turbocharged tiga silinder dan sistem hybrid) untuk penggerak roda depan langsung.

Motor ini ditenagai oleh paket baterai lithium-ion 350 volt, 20 kWh yang ditempatkan di lantai, memungkinkannya menempuh jarak WLTC 180 km dengan muatan penuh. Baterai memerlukan waktu delapan jam untuk terisi penuh hingga 100% menggunakan pengisi daya AC 2,9 kW (sambungan Tipe 1).

Sementara dengan pengisi daya DC 30 kW (koneksi CHAdeMO) dapat diisi hingga 80% hanya dalam waktu 40 menit. eK X juga mencakup dukungan untuk kendaraan dua arah ke rumah (V2H) dan pengisian kendaraan ke kendaraan untuk mengaktifkan eK X EV untuk bertindak sebagai 'bank daya besar' untuk berbagai perangkat listrik jika diperlukan.

Untuk pasar Jepang, eK X ini memiliki standar keselamatan yang detail seperti tujuh airbag, kontrol stabilitas kendaraan, ABS dengan EBD, sensor parkir depan dan belakang serta hill start assist. .

Sistem bantuan pengemudi Mi-Pilot juga standar dengan fitur-fitur seperti pengereman darurat otomatis, bantuan dan peringatan pemeliharaan jalur, balok tinggi otomatis, depresurisasi pedal, dan bahkan pengenalan rambu lalu lintas.

Di Jepang, Mitsubishi eK X EV mulai dari 2.398 juta yen atau sekitar Rp 253.730.337,62 untuk model dasar G, naik menjadi 2.932.600 yen atau Rp 310.287.208,16 untuk model P top-end. Jauh lebih mahal daripada versi bensin di mana Mitsubishi eK X biasanya berharga antara 1.463 juta dan 1.688.500 yen (Rp 154.793.364,28 dan Rp 178.579.137).

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT