ADVERTISEMENT

Sodetan Ciliwung Sempat Mangkrak di Era Anies

Senin, 31 Juli 2023 11:13 WIB

Share
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmikan Sodetan Sungai Ciliwung ,(biropres)
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmikan Sodetan Sungai Ciliwung ,(biropres)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,  POSKOTA.CO.ID – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)  akhirnya meresmikan jalur masuknya air (inlet) Sodetan Ciliwung, Jakarta Timur yang sebelumnya sempat mangkrak pada saat era Gubernur Anies Baswedan.

Dalam peresmian kali ini, selain Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, turut hadir Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR BPN Marsekal TNI (purn) Hadi Tjahjanto, dan juga sejumlah tokoh masyarakat.

"Kami atas nama Masyarakat DKI Jakarta terimakasih kepada bapak presiden dan juga Menteri PUPR yang telah membangun ini dan selama kurang lebih 7 tahun," ujar Pj Heru, Senin (31/7).

Pj Heru menuturkan, bahwa proyek Sodetan Ciliwung ini merupakan inisiasi daripada Jokowi semasa menjabat Gubernur DKI.

"Tentunya kami sedikit menyampaikan kepada bapak presiden bahwa ini adalah inisiasi tahun 2012 saat bapak presiden masih menjabat Gubernur DKI Jakarta," tuturnya.

Heru yang juga Kepala Sekretariat Presiden ini berharap, dengan adanya Sodetan Ciliwung ini dapat mengatasi banjir di sejumlah wilayah Jakarta antara lain, di Kampung Melayu, Bidara Cina dan sebagainya.

"Ini proyek salah satu mengatasi banjir di wilayah Jakarta antara lain Kampung Melayu, Bidara Cina, atas Manggarai dan seterusnya," ucap Pj Heru.

Hal senada juga dikatakan Presiden Jokowi yang berharap, dengan selesainya pengerjaan Inlet Sodetan Kali Ciliwung akan dapat mengurangi banjir di Jakarta. 

"Dengan selesainya sodetan Ciliwung, kita harapkan mengurangi banjir Jakarta. Utamanya yang tadi saya sebutkan, di enam kelurahan," ujar Presiden dalam sambutannya. 

Diketahui, proyek Sodetan Ciliwung mulai dikerjakan pada tahun 2013 dan di tahun 2015, pembangunan sodetan tuntas sepanjang 650 meter. Kemudian dilanjutkan pada 2015-2017 dengan pembangunan permanen outlet dan perkuatan tebing Kali Cipinang. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT