JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Tesla belum lama ini mendapat kecaman setelah laporan khusus menuduh perusahaan tersebut memasang perangkat lunak khusus yang dirancang untuk melebih-lebihkan jarak mengemudi yang ditunjukkan kepada pengemudi, sementara juga menggunakan taktik rahasia untuk menyelesaikan masalah ribuan keluhan pelanggan.
Raksasa mobil listrik AS, Tesla, telah dituduh dengan sengaja memberikan perkiraan jarak mengemudi yang tidak akurat untuk kendaraannya sambil membentuk gugus tugas untuk menangani banyak keluhan pelanggan tentang masalah ini.
Sebuah laporan yang memberatkan oleh outlet media Reuters menuduh bahwa pembacaan dasbor Tesla ditipu dari perkiraan jarak mengemudi pada mobil listrik mereka, menurut informasi yang diberikan oleh sumber anonim perusahaan.
Orang dalam yang mengklaim telah melihat versi pertama dari perangkat lunak yang dimodifikasi menuduh Tesla melebih-lebihkan jarak yang dapat ditempuhnya saat dimuat dengan lebih dari 50% muatannya.
Hanya setelah tingkat pengisian baterai turun di bawah setengah, kendaraan akan menampilkan jarak mengemudi sebenarnya yang diharapkan. Selain itu, reporter tersebut mengklaim bahwa keputusan untuk mengimplementasikan perangkat lunak tersebut datang langsung dari CEO Tesla, Elon Musk.
"Elon ingin menunjukkan angka yang bagus saat terisi penuh," kata sumber itu kepada Reuters.
"Saat Anda membeli mobil dengan jangkauan 350 mil, 400 mil (560-640 km), Anda akan merasa puas."
Orang dalam mengatakan keputusan untuk menampilkan proyeksi 'kemerahan' dibuat sekitar satu dekade lalu, ketika Tesla hanya menjual mobil sport Roadster dan mobil Model S ukuran penuh.
Tidak diketahui apakah algoritma yang sama ditambahkan ke Model 3 dan Model Y atau dipasang pada kendaraan yang dikirim dari Australia.
Laporan tersebut juga mengklaim bahwa Tesla baru-baru ini membentuk 'tim pengalihan' di Las Vegas, sebuah grup yang dirancang khusus untuk membatalkan janji temu dengan pelanggan yang memesan mobil mereka dari departemen layanan untuk klaim terkait otonomi. Kemampuan untuk memesan janji layanan berdasarkan klaim jarak mengemudi kemudian dihapus dari aplikasi Tesla di AS. Namun, pelanggan dapat meminta perwakilan Tesla untuk menghubungi mereka.
Menurut seseorang yang mengetahui masalah ini, waktu tunggu seringkali beberapa hari karena banyaknya keluhan hingga 2.000 kasus per minggu, kata sumber tersebut.