ADVERTISEMENT

Jumlah Efisiensi Bahan Bakar Facelift Kia Seltos Telah Terungkap

Minggu, 30 Juli 2023 10:35 WIB

Share
Kia Seltos (lst)
Kia Seltos (lst)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kia baru-baru ini meluncurkan Seltos facelift di India dengan gaya yang direvisi, lebih banyak fitur, dan mesin bensin turbocharged 1,5 liter baru.

Sekarang, perusahaan juga berbagi penghematan bahan bakar untuk setiap powertrain yang tersedia dengan Seltos. Khususnya, semua versi Seltos dilengkapi dengan sistem start/stop engine idling standar, membantu menghemat bahan bakar.

Garis Seltos dimulai dengan mesin bensin 115hp, 1,5 liter, aspirasi alami, tersedia dengan manual enam kecepatan atau CVT. Nyatanya, ini satu-satunya mesin dengan transmisi tiga pedal yang serasi. Kia mengklaim mesin bensin 1,5 MT menghasilkan 17,0 kpl, sedangkan CVT menghasilkan penghematan bahan bakar 17,7 kpl.

Berikutnya ada mesin bensin 160hp 1.5 liter turbocharged, yang juga merupakan mesin paling bertenaga di segmennya. Ini tersedia dengan iMT 6 kecepatan atau DCT 7 kecepatan, bagian depan menghasilkan 17,7 kpl dan bagian belakang 17,9 kpl.

Hal tersebut juga lebih hemat bahan bakar daripada mesin bensin 1.4 liter turbocharged yang sekarang sudah dihentikan produksinya, masing-masing menghasilkan 16,1 kpl dan 16,5 kpl dengan transmisi manual dan DCT.

Terakhir, ada mesin diesel 1,5 liter berkapasitas 116 tenaga kuda yang dikawinkan dengan transmisi otomatis iMT 6 percepatan atau torque converter 6 percepatan. Seltos hanyalah salah satu dari dua SUV di segmen ini yang masih menggunakan mesin diesel, dan seperti yang Anda duga, ini adalah mesin paling efisien di jajaran Seltos. Diesel-iMT diklaim hemat bahan bakar pada 20,7 kpl, sementara secara otomatis menghasilkan 19,1 kpl.

Tambahan terbaru untuk segmen SUV menengah adalah Honda Elevate. Sebagai perbandingan, Honda sedikit lebih irit dengan konsumsi bahan bakar diklaim 15,31 kpl untuk bensin MT dan 16,92 kpl untuk bensin CVT.

Adapun saingannya yang dilengkapi dengan mesin bensin turbocharged, mesin Taigun 150hp dan 1,5 liter TSI dikatakan menghasilkan angka penghematan bahan bakar masing-masing 18,47 kpl dan 17,88 kpl untuk kendaraan manual dan otomatis, sementara mesin yang sama menghasilkan 17,95 kpl dan 17,70 kpl di Kushaq untuk manual dan otomatis. 

Creta adalah satu-satunya SUV lain di segmennya dengan mesin diesel dan dikatakan memiliki penghematan bahan bakar 21,4 kpl untuk manual dan 18,5 kpl untuk otomatis. Perhatikan bahwa Creta dan Seltos menggunakan mesin diesel yang sama. Duo Grand Vitara dan Toyota Hyryder tetap menjadi mobil paling efisien di segmen ini dengan powertrain bensin hybrid yang menghasilkan penghematan bahan bakar 27,97 kpl. 

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT