ADVERTISEMENT

Mitsubishi Triton Generasi 3 Akhirnya Debut di Tahun 2024 Mendatang

Kamis, 27 Juli 2023 05:48 WIB

Share
Mitsubishi Triton 2024 (lst)
Mitsubishi Triton 2024 (lst)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Mitsubishi akhirnya meluncurkan seri Triton generasi ketiga (hatchback Mitsubishi generasi keenam) yang akan melakukan debut globalnya di Thailand. Selain pasar ASEAN dan Oseania, pikap serba baru ini juga akan mulai dipasarkan di Jepang pada awal 2024 untuk pertama kalinya dalam 12 tahun.

Mengusung konsep daris desain 'Beast Mode', Triton baru memiliki tampilan yang lebih kokoh yang pertama kali diperkenalkan oleh XRT Concept pada bulan Maret lalu. Tampilan Dynamic Shield baru terlihat berani dengan gril depan persegi panjang yang diapit oleh tiga lampu LED berbentuk L yang konon menyerupai tatapan tajam elang. Terakhir, ada lampu Triton daytime running yang duduk tepat di atas lampu LED tri-elemen.

Di sepanjang sisi bodi yang berbentuk horizontal, permukaan yang besar dan stabil serta panel slot yang menonjol menghadirkan kesan lebar, stabilitas, dan daya tahan. Lampu belakang berbentuk T yang menyapu ke belakang di kedua sisi pintu belakang menampilkan spoiler halus untuk meningkatkan aerodinamika dan sistem redaman baru untuk pengoperasian satu tangan yang lebih baik. Yamabuki Orange Metallic dan Blade Silver Metallic adalah dua warna bodi baru dari mobil Mitsubishi Triton yang rencananya akan diperkenalkan bersama White Diamond, Solid White, Graphite Grey Metallic, dan Jet Black Mica.

Di negara Thailand, Mitsubishi Triton tersedia dalam tiga tipe rangka. Tiga jenis bodi tersebut termasuk kabin ganda dengan dua baris kursi, satu baris kursi dan kabin klub dengan kompartemen bagasi di belakang kursi depan, yang juga dapat direbahkan. 

Kabin ganda merupakan salah satu interior yang paling penting untuk pasar otomotif yang ukurannya jauh lebih besar dari sebelumnya dengan panjang 5.360 mm (+55 mm), lebar 1.930 mm (+115 mm), dan 1.815 mm (+35 mm). Angka tersebut untuk model penggerak empat roda (4WD), sedangkan model penggerak dua roda (2WD) dan kabin klub sedikit lebih kecil, yakni sekitar panjang 5320 mm, lebar 1865 mm, dan tinggi 1795 mm.

Kabin tunggal merupakan yang terkecil dari kelompoknya dengan panjang 5.265 mm, lebar 1.865 mm, dan tinggi 1.765 mm. Ketiganya berbagi wheelbase 3.130mm yang sama, yang lebih panjang 130mm dari model sebelumnya, dan Mitsubishi mengatakan bodi terbaru Triton kali ini akan lebih ringan dari sebelumnya berkat penggunaan baja berkekuatan tinggi 1.180MPa baru dalam konstruksinya.

Dengan dimensi baru, Triton berubah menjadi salah satu pickup terkecil di kelasnya serta secara bersamaan juga menjadi salah satu yang terbesar. Toyota Hilux saat ini dengan mesin 2.8 liter turbo diesel memiliki panjang 5.325 mm, lebar 1.855 mm, tinggi 1.815 mm, dan wheelbase 3.085 mm.

Selain gaya yang agresif, Mitsubishi juga berfokus pada peningkatan kegunaan pikapnya dengan memperkenalkan gagang pintu yang lebih besar dan kokoh serta pijakan samping yang lebih lebar dengan drainase air yang lebih baik. Ketinggian kompartemen bagasi juga telah dikurangi 45 mm menjadi 820 mm dan area sudut bumper atas telah ditingkatkan dan diperkuat dengan rangka ruang kaki.

Di bagian dalam, dashboard yang direvisi untuk mengikuti konsep 'Horizontal Axis' dengan bentuk geometris yang kuat yang memancarkan daya tahan yang lebih besar. Sistem infotainment layar sentuh yang berdiri sendiri menjadi pusat perhatian di atas ventilasi udara sentral dan sistem kontrol iklim, dengan kluster instrumen ditempatkan rendah di kabin di depan pengemudi. Telematika juga tersedia melalui aplikasi Mitsubishi Connect, yang memungkinkan pemilik untuk memeriksa status Triton mereka dari jarak jauh atau menerima informasi tentang lokasi kendaraan dan meminta bantuan darurat jika terjadi kecelakaan (airbag dikerahkan).

Semua titik sentuh seperti setir, handle, dan gagang pintu juga dirancang sesuai dengan pendekatan sentuh Mitsubishi yang berfokus pada kenyamanan dan cengkeraman yang kokoh. Selain itu, pembuat mobil telah memasang pelapis lembut di area utama untuk melindungi penumpang, dan lapisan metalik menciptakan ruang kontras yang modern. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT