"Dengan Civic hatchback dan rangkaian SUV kami, itulah fokus kami untuk saat ini. Kami tidak melihat ke luar saat ini," lanjut Ms Cusworth.
Absennya sedan Honda Accord dari pernyataan tersebut menimbulkan pertanyaan tentang tempat papan nama berusia 46 tahun itu dalam rencana masa depan Honda Australia. Accord generasi ke-11 baru saja memulai produksi di Ohio sebelum diluncurkan ke dealer AS awal tahun ini. Namun, di masa lalu Honda membutuhkan waktu 12 hingga 18 bulan untuk Asian Accords untuk mulai berproduksi di Thailand. Namun, jika Honda Jepang mengeluarkan Accord dari jajaran domestiknya pada akhir 2022, masa depan Accord setir kanan akan diragukan.
Ketika ditanya apakah Honda Australia akan membawa Accord baru ke Australia, atau apakah model saat ini akan menjadi model terakhir Accord dan penjualan sedan ukuran menengah telah turun 85 persen dalam satu dekade. "kita akan membicarakan tentang Accord pada waktu yang tepat," kata CEO Honda Carolyn McMahon yang dilansir dari laman Drive.
Pada tahun 2022, Honda Jepang mengumumkan rencana untuk meluncurkan 30 mobil listrik di seluruh dunia pada tahun 2030, termasuk dua mobil sport baru yang kemungkinan jenisnya adalah mobil listrik. Ekspansi listrik adalah bagian dari investasi $AU53,7 miliar yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan EV global Honda menjadi 2 juta pada tahun 2030 dan membantu perusahaan memperkenalkan EV pada tahun 2040.
Amerika Utara akan melihat EV Honda pertama akhir tahun ini ketika Prolog diluncurkan, diikuti oleh EV menengah dan besar pada tahun 2025. Namun, Australia mungkin harus menunggu lima tahun lagi untuk melihat Honda listrik pertama.
“Saat ini kami tidak memiliki rencana untuk memperkenalkan (kendaraan listrik). Saat kami melihat kemampuan pasar Australia untuk mengatasi (kendaraan listrik), menurut kami belum cukup," kata CEO Honda Australia Carolyn McMahon pada Maret lalu.
“Bukan berarti Honda (Australia) tidak akan melihat kendaraan listrik di masa depan. Saya sangat senang dan yakin bahwa dalam jangka panjang, kami akan memiliki model (listrik) di sini di Australia. Saya berbicara lima tahun. Namun demikian, kami terus memantau pasar, kendaraan apa yang mungkin tersedia untuk kami," sambungnya.
Grafik penjualan Honda Australia telah menjadi rollercoaster sejak VFACTS mulai membuat rekor pada tahun 1996. Dari level terendah tahunan 16.201, Honda naik menjadi 60.529 pada tahun 2007 sebelum turun menjadi 30.107 pada tahun 2011 dan meningkat menjadi 51.525 pada tahun 2018.
Sejak itu, nilai kekayaan merek telah turun ke rekor terendah 14.215 pada tahun 2022 dan kemungkinan akan lebih rendah lagi pada tahun 2023 jika hasil 6.758 pada akhir Juni menjadi panduan. Namun, para eksekutif Honda yakin bahwa 2023 akan menghasilkan lebih banyak penjualan daripada tahun 2022. Dari 6.758 penjualan Honda saat ini, Honda CR-V yang akan segera diganti mengambil bagian terbesar dengan 5.022 pengiriman, atau 75 persen (atau tiga dari empat penjualan Honda).
Sementara itu, angka HR-V yang kurang dari 908 pengiriman, masih jauh dari penjualan tahun sebelumnya yang mencapai total 2.723 penjualan. Namun, Civic (567 penjualan), Accord (56 penjualan) dan ZR-V (205 penjualan) berada di atas tahun sebelumnya.